Pangkoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Untuk India

0
175

JAKARTA, INAPOS- Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E,. M.M,. menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Republik Indonesia Untuk India Sidharto Reza Suryodipuro di Ruang VVIP Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Senin (28/1).

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Indonesia Untuk India ke Mako Koarmada I. Diharapkan kunjungan tersebut semakin memperat hubungan kerjasama antar kedua negara khususnya bidang pertahanan laut. “Hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik akan ditingkatkan lebih intensif,” ujar Pankoarmada I.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I memperkenalkan delegasi dari TNI AL yang terdiri dari Kepala Staf Koarmada I dan para Pejabat Utama Koarmada I. Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan secara singkat tugas pokok Koarmada I dalam melaksanakan pengamanan yuridiksi perairan wilayah barat Indonesia. Dimana dalam melaksanakan penegakkan hukum dan kedaulatan di laut, Koarmada I mengerahkan unsur-unsurnya berupa Kapal Perang (KRI), Pesawat Udara dan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dengan dukungan Pangkalan-pangkalan TNI AL yang tersebar di wilayah barat. Selain itu dibentuknya satuan reaksi cepat dalam penanganan tindak pidana di laut yaitu First Fleet Quick Respons (1St FQR), dimana dalam melaksanakan tugasnya terdiri darikombinasi kerjasama taktis antara operasi dan intelijen.

Selain itu, pembahasan mengenai kerawanan-kerawanan diwilayah perbatasan antar kedua negara menjadi fokus dalam peningkatan patroli di masing-masing sektor. “Kerawanan-kerawanan seperti penyelundupan di wilayah perbatasan akan menjadi fokus kita dalam hal ini Koarmada I dalam meningkatkan patroli melalui kehadiran unsur-unsur KRI dan Pesawat Udara TNI AL.

Selaras dengan apa yang telah disampaikan oleh Pangkoarmaa I, Duta Besar RI Untuk India menyampaikan komitmen yang sama terkait keamanan wilayah perbatasan.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I turut didampingi oleh Kepala Staf Koarmada I, Para Asisten Pangkoarmada I diantaranya Asrena, Asops, Asintel, Aslog, dan Aspers.(pen)


Komentar Anda?