Pangkoarmada I Pimpin Upacara Sertijab Komandan Polisi Militer Koarmada I

0
126

JAKARTA, INAPOS-Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksmana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Polisi Militer Koarmada I dari Kolonel Laut (PM) Samista, S.H., kepada Letkol Laut (PM) Julkiply, S.H., bertempat di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Senin (25/2).

Pangkoarmada I dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan ini merupakan proses regenerasi, bukan saja untuk memenuhi salah satu dari proses pembinaan personel yaitu kaderisasi kepemimpinan, namun lebih diarahkan untuk memantapkan kinerja organisasi. Disamping itu juga, diharapkan mampu memberikan semangat dan penyegaran pemikiran yang akan memunculkan ide, gagasan dan kreatifitas dalam organisasi sehingga tercipta dinamisasi guna tercapainya tujuan organisasi yang lebih baik.

Polisi Militer Koarmada I merupakan Eselon Pelaksana Pusat dan Staf Khusus Pangkoarmada I yang melaksanakan fungsi kepolisian militer bagi Prajurit TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Koarmada I. Untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan, maka diperlukan kemampuan manajerial yang baik bagi pemegang komando dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal. Oleh karena itu, Komandan Polisi Militer Koarmada I harus mampu meningkatkan manajemen pembinaan yang diorientasikan kepada terwujudnya kinerja organisasi yang efektif dan efisien untuk membina kesiapsiagaan, kemampuan dan profesionalisme Prajurit Pomal Koarmada I.

Perkembangan teknologi informasi dan sosial masyarakat saat ini telah mempengaruhi pola kehidupan prajurit. Kondisi tersebut berdampak terhadap kemungkinan peningkatan intensitas pelanggaran prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, Prajurit Pomal dituntut mampu beradaptasi dan mengasah kemampuan dalam rangka mencegah dan menangani setiap tindak pidana yang terjadi.

Tidak hanya itu, dengan menjunjung tinggi keadilan hukum dan semangat “Wijna Wira Widhyaka” yaitu penegak hukum yang berwatak ksatria, arif dan bijaksana serta untuk meningkatkan kredibilitas Pomal sebagai aparat penegak hukum. Seluruh jajaran Pomal Koarmada I harus mampu menjadi contoh dan tauladan dalam melaksanakan tugas penegakan hukum dan menaati aturan dan prosedur sesuai ketentuan serta berpedoman pada hukum yang berlaku. Ke depan, Pomal Koarmada I harus terus berbenah dengan meningkatkan pembinaan organisasi dalam bentuk pembangunan kemampuan Pomal yang dilandasi kesiapan personel, material yang didukung dengan perbaikan perangkat lunak dan dukungan yang memadai.

Saat ini Pomal Koarmada I telah melaksanakan fungsi kepolisian militer sesuai harapan dan menghasilkan peningkatan yang positif. Hal tersebut ditunjukkan Polisi Militer Koarmada I dalam melaksanakan tugas berupa kegigihan unsur-unsurnya dalam meningkatkan kesadaran disiplin dan menurunnya tingkat pelanggaran personel. Keberhasilan tersebut tentunya tidak terlepas dari integritas, komitmen dan kemampuan Komandan Polisi Militer dalam memimpin sekaligus memberikan warna dalam melaksanakan dan menjabarkan tugas yang diberikan. Wujud prestasi tersebut juga karena terbinanya koordinasi dan hubungan yang baik dengan POM Angkatan, Propam Polri, Satuan Unsur Maritim dan Satuan Pengamanan lainnya.

Upacara serah terima jabatan Komandan Polisi Militer Koarmada I dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada I, Komandan Guspurla Koarmada I, Komandan Puspomal, Komandan Lantamal III, Pejabat Utama Koarmada I, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Koarmada I.(pen)


Komentar Anda?