Nelayan Senang atas Perhatian CP dan Dit Polairud Polda Jabar

0
229

INAPOS, CIREBON,- Program asuransi nelayan gratis yang dilaksanakan oleh Cirebon Power (CP) dan Direktorat Polisi Air dan Udara (Dit Polairud) Polda Jabar sangat diterima senang hati oleh sejumlah nelayan yang berada di Pantai Utara (Pantura) Cirebon.

Seperti yang dituturkan oleh Sukirno, nelayan asal Desa Kanci Kulon bahwa, tantangan menjadi nelayan ketika melaut sangat besar. Apalagi, tantangan tersebut, cukup mengancam keselamatan.

“Dengan cuaca buruk yang mengakibatkan ombak besar, menjadi salah satu tantangan yang sering dialami oleh para nelayan,” tuutrnya.

Bahkan, Sukirno mengaku sering memilih untuk tidak melaut, jika cuaca benar-benar menghawatirkan. Selain ombak besar, petir juga menjadi salah satu yang dihawatirkan nelayan.

” Ombak besar dan petir yang sering dikhawatirkan. Bahkan, kadang kita memilih untuk tidak berlayar,” ujar Sukirno.

Dirinya mengaku senang dengan perhatian yang diberikan  oleh CP dan Dit Polairud Polda Jabar kepada nelayan. Karena menurutnya, dengan adanya program asuransi nelayan ini, sangat membantu nelayan kecil sepertinya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya asuransi ini,” kata Sukirno.

Hal senada disampaikan pula oleh Selamet. Nelayan asal Desa Waruduwur ini juga mengaku terbantu dengan adanya asuransi nelayan ini.

“Banyak nelayan Waruduwur juga yang dapat,” kata Selamet. Adanya asuransi ini, sangat membantu nelayan,” kata Selamet.

Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Widihandoko mengatakan, nelayan memiliki pekerjaan yang cukup riskan dalam hal keselamatan. Apalagi, jika cuaca sedang buruk dan mengakibatkan badai.

Sehingga, pihaknya merasa penting untuk bisa memfasilitasi para nelayan, dengan asuransi gratis. Untuk bisa merealisasikan hal ini, pihaknya melibatkan sejumlah lembaga dan perusahaan, untuk bisa membantu para nelayan.

“Kami memfasilitasi antara lembaga atau perusahaan yang memiliki finansial, dengan nelayan, dalam bentuk asuransi nelayan,” ujarnya.

Petrus Sihono, Stakeholder Relation Manager Cirebon Power menuturkan, bahwa asuransi nelayan yang diberikan oleh Cirebon Power bekerjasama denngan Ditpolairud Polda Jabar, sudah digulirkan sejak tahun 2012 lalu.

Menurutnya, jika ditotal secara keseluruhan, Cirebon Power sudah memberikan asuransi nelayan gratis sekitar 21 ribu asuransi. Asuransi tersebut diberikan kepada nelayan di wilayah Pantura Cirebon.

“Kita support full asuransi nelayan ini, sejak tahun 2012,” katanya.

Untuk tahun ini, Cirebon Power memberikan sekitar 4000 asuransi nelayan. Petrus berharap, asuransi ini bisa membantu nelayan, terutama ketima mengalami kecelakaan saat melaut.

Petrus juga menambahkan, bahwa jumlah asuransi yang diberikan oleh pihaknya, setiap tahunnya mengalami kenaikan. Oleh karena itu, ia juga berharap jumlah asuransi tahun depan, bisa kembali ditingkatkan.

“Saat awal pemberian asuransi, sebanyak 1000 asuransi. Tahun ini 4000. Semoga tahun depan bertambah,” katanya.(Kris)