Musrenbang 2021 Diharapkan Dapat Mempertajam Perencanaan Pembangunan

0
154

BENGKAYANG.- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 tingkat Kecamatan Wilayah III resmi digelar di Kantor Camat Sungai Raya Kepulauan, Kamis (25/2/21).

Agenda kali ini membahas sesuai Protokol Covid 19 Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 Tingkat Kecamatan Wilayah III meliputi Kecamatan Sungai Raya,Kecamatan Capkala dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Kepala Desa Sungai Duri Reza Harlambang sekaligus selaku Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Bengkayang mengapresiasi kegiatan musrembang ini sebagai usaha untuk menajamkan perencanaan pembangunan. Dengan keterbatasan anggaran daerah, sangat urgen untuk memiliki dokumen perencanaan yang tepat.

“Dalam hal ini usulan dari tiga¬† kecamatan sudah direkap,” katanya usai kegiatan berlangsung.

Pria yang juga sebagai Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Bengkayang ini berharap, dengan perencanaan yang sudah dibuat dapat segera di realisasikan sehingga bisa menimbulkan efek dongkrak untuk kemajuan daerah.

“Khusus di kawasan 3 kecamatan Sungai Raya Sungai Raya Kepulauan dan Capkala. Pontensi yang ada sangat luar biasa mulai dari perikanan, pertanian, perkebunan pariwisata,” ujar Reza.

Ke depan, sambung dia, dengan adanya kawasan strategis nasional pelabuhan Internasional Kijing dan kota wisata Singkawang segitiga emas 3 kecamatan ini akan dilirik dan menjadi sorotan bagi pengusaha.

“Sudah seharusnya kita melakukan percepatan percepatan untuk membenahi segala aspek,” terangnya.

Pendekatan pembangunan skala kawasan layak untuk dipertimbangkan, selain efektif juga akan efisien mengingat anggaran kita tadi yang sangat terbatas.

Adapun Tema yang sesuai menurutnya adalah MINAPOLITAN. Kota Pelabuhan berbasis perikanan industri dan pariwisata. Untuk mendukung hal tersebut perlu pembangunan infrastruktur dasar prioritas seperti jalan, sistem persampahan dan air bersih perlu di selesaikan.

Selain itu, upgrade kecamatan baik gedung SDM dan IT juga perlu dilaksanakan untuk mempermudah pelayanan publik utamanya.

“Administrasi kependudukan karena faktor geografis kabupaten bengkayang yang bervariasi,” jelasnya.

Dengan demikian, Musrenbang 2021 ini penuh harapan agar rancangan yang di bahas tidaklah hanya ceremonial, akan tetapi harus benar – benar untuk kepentingan masyarakat kabupaten Bengkayang.

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Badan Perencanaan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Kepala UPT Pertanian, UPT Perikanan dan Kelautan, Kapolsek Sungai Raya, Kapolsek Capkala, Polairud, Danramil. (Yulizar)