Mulai Dibongkar, Eks TPS Cipto Bakal Jadi Taman Vespario

0
101

KOTA CIREBON.- Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara yang ada di ruas Jalan Cipto Mangunkusumo mulai dibongkar setelah pada Senin (24/8/20) lalu secara resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon.

Pantauan dilapangan, pembongkaran tersebut dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) serta perwakilan dari pihak Vespa yang akan membangun eks TPS tersebut, Jum’at (4/9/20).

Kepala Seksi (Kasie) Penanganan Sampah DLH Kota Cirebon Ruliyanto mengatakan, pembongkaran TPS Sementara ini merupakan tindak lanjut dari penutupan yang dilakukan Pemda Kota Cirebon pada Senin (24/8/20) lalu.

Masih kata Ruli, setelah penutupan tersebut pihaknya mengajukan surat permohonan penghapusan aset ke BKD tentunya dengan melalui proses yang ada.

“Secara administrasi proses penghapusan aset di BKD telah selesai. Maka hari ini berlangsung pembongkaran TPS tersebut,” terangnya.

Ruliyanto juga memuji langkah BKD yang cepat merespon permohonan penghapusan aset yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Alhamdulillah BKD cepat merespon permohonan kami, dan pada akhirnya kita dapat melakukan pembongkaran TPSS Cipto pada hari ini,” terangnya.

Ia menambahkan, setelah proses pembongkaran akan langsung dilakukan proses pembangunan oleh pihak Vespa, jadi jeda waktunya tidak terlalu lama.

“Setelah ini akan diadakan pembangunan oleh pihak vespa, jadi tidak terlalu lama sehingga tidak menimbulkan masalah baru kedepannya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Pembukuan bidang aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Yudha mengatakan proses administrasi sudah selesai sehingga pembongkaran bisa dilakukan.

“Nanti barang-barang yang ada disini kita masukan ke gudang, dan setelah itu kita lakukan penilaian melalui apresol dan baru nanti kita lelang,” kata Yudha.

Yudha mengatakan untuk proses administrasi sendiri tidak ada kendala, nantinya akan dilelang oleh badan independen.

Sementara itu, Person Ini Charge (PIC) Vespa Yos mengatakan, pihaknya akan proses pembangunan eks TPS Sementara ini menjadi taman vespario akan dilaksanakan secepatnya.

“Setelah pembongkaran ini kami langsung laksanakan proses pembangunan taman vespario agar tidak ada polemik baru dengan timbulnya sampah liar,” ujar Yos.

Ia menargetkan proses pembangunan taman vespario tidak akan memakan waktu lama. Sedangkan estimasi anggaran akan menyesuaikan apa yang dibutuhkan dilapangan.

“Untuk layout taman sudah kita serahkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Kami targetkan 10 hari selesai,” pungkasnya. (Kris)