Direktur Utama PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sopyan Satari. Kris

KOTA CIREBON.- Perusahaan Umum
Daerah Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon akan menyesuaikan tarif air minum pada 1 Desember 2022 yang akan dibayarkan pada bulan Januari 2023.

Direktur Utama PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sopyan Satari mengungkapkan, penyesuaian tarif air minum dengan mempertimbangkan kondisi yang ada, berupa perubahan regulasi yang tidak
dapat dihindari, kenaikan harga dan perkembangan ekonomi lainnya.

“Dengan kondisi diatas, maka kami melakukan penyesuaian tarif air minum dalam penunjang pelaksanaan operasionalnya,” ungkapnya, Rabu (30/11/22).

Besaran tarif air minum PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon.

Masih kata pria yang akrab disapa Opang ini, penyesuaian tarif air minum ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan diharapkan kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon untuk dapat memahami dan mendukung penyesuaian tarif air minum.

“Selama hampir 10 tahun kami belum melakukan penyesuaian tarif. Kami harap pelanggan dapat memahami hal ini,” terangnya.

Besaran tarif air minum PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon.

Opang menjelaskan, penyesuaian tarif air minum untuk pemakaian air bulan Desember 2022 pada rekening tagihan bulan Januari 2023, dengan mempertimbangkan asas keadilan tarif yang akan disesuaikan pada Kelompok I – Tarif Sosial, Kelompok I – Tarif Rumah Tangga dan Kelompok Tarif lll Niaga dan industri serta Kelompok IV – Pelanggan Khusus.

“Pada kelompok tarif sosial khusus rumah ibadah akan dibebaskan sampai dengan
penggunaan 20M3 dan rumah tangga golongan MBR akan dikenakan beban pemakaian bila penggunaanya diatas 20M3 dengan tarif yang sudah disesuaikan,” pungkasnya. (Kris)