Mobil Literasi Sungai BBWS Cimancis Sarana Edukasi Masyarakat

Mobil Literasi Sungai BBWS Cimancis Sarana Edukasi Masyarakat
KOTA CIREBON.- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung mempunyai banyak tugas salah satunya tentang pemberdayaan masyarakat di bidang Sumber Daya Air (SDA) ialah sungai.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, BBWS Cimancis melakukan inovasi dengan menciptakan sarana edukasi tentang sungai lewat Mobil Literasi Sungai.
Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program BBWS Cimancis Dwi Agus Kuncoro, ST., MT., MM mengatakan, diciptakanya Mobil Literasi Sungai merupakan sarana edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama sungai.
“Karena wilayah kerja BBWS Cimancis cukup luas, untuk lebih efektif dalam mengenalkan wawasan sungai, maka BBWS Cimancis ciptakan Mobil Literasi Sungai agar bisa berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain,” kata Dwi Agus kepada inapos.com saat ditemui dikantornya, Rabu (16/1).
Dwi Agus menjelaskan, Mobil yang di launching Maret 2018 lalu mempunyai manfaat yang besar dalam mengedukasi masyarakat terutama kalangan pelajar untuk lebih peduli terhadapĀ lingkungan terutama sungai, karena Indikator lingkungan rusak dapat lihat dari sungai.
“Kami mencoba menggarap inovasi iniĀ  terutama menyasar ke segmen pelajar (generasi penerus) kenapa? karena ini pekerjaan yang membutuhkan jangka panjang,” jelasnya.
Masih dijelaskan Dwi Agus, didalam Mobil Lliterasi Sungai terdapat buku-buku dan edukasi lewat film mengenai alam, lingkungan, sungai.
“Tentunya sasaran segmentasi dari mulai tingkat TK, SD, SMP hingga perguruan tinggi,” paparnya.
Hingga kini, lanjut Dwi Agus, pihaknya sudah melakukan edukasi ke beberapa daerah yang berada di wilayah kerja BBWS Cimancis, dengan menggandeng komunitas yang sudah bekerjasama dengan BBWS Cimancis.
“Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut sudah kami kunjungi dari mulai tingkat TK sampai tingkat SMA,” terangnya.
Ia pun berharap agar masyarakat sadar dan memahami lingkungan sungai dan menjaga kebersihan sungai dari sampah.
Perlu diketahui, BBWS Cimancis menjadi yang pertama ciptakan Mobil Literasi Sungai dari 34 Balai Besar yang ada di Indonesia.
“Alhamdulillah, BBWS Cimancis menjadi Balai pertama yang mempunyai Mobil Literasi Sungai,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?