MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo – Sandi

0
213

JAKARTA.- Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak seluruh permohonan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang diajukan Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Hakim Anwar Usman saat sidang pleno pembacaan putusan sengketa PHPU Pilpres di Lantai 2 Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/19).

“Amar putusan menyatakan dalam eksepsi menolak ekseksi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” ungkap Anwar.

Dirinya mengatakan sengketa PHPU Pilpres tersebut diputuskan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) oleh sembilan hakim konstitusi pada 24 Juni 2019.

RPH dipimpin oleh hakim Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Wahiduddin Adams, Arief Hidayat, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih masing-masing sebagai anggota.

“Diucapkan dalam sidang pleno Mahkamah Konstitusi terbuka untuk umum pada Kamis tanggal 27 bulan Juni tahun 2019, selesai diucapkan pukul 21.16 WIB oleh sembilan hakim konstitusi,” katanya.

Dalam konklusi, MK berkesimpulan berwenang untuk mengadili permohonan a quo. Pemohon disebut memiliki kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan permohonan a quo.

Selain itu, permohonan diajukan masih dalam tenggang waktu yang ditentukan, eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya. Permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum. (Red)


Komentar Anda?