MK Tetapkan Perolehan Suara Aziz-Eti Sah

0
423
JAKARTA.- Mahkamah Konstitusi (MK) memutus perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018 yang diajukan oleh Pemohon (Pasangan Calon Bamunas Setiawan Boediman – Effendi Edo), Rabu (31/10).

Sidang pleno Mahkamah Konstitusi yang diputus oleh sembilan Hakim Konstitusi ini mengeluarkan amar putusan diantaranya, Menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya dan  Menetapkan hasil perolehan suara yang benar dari masing-masing pasangan calon dalam pemungutan suara ulang di 24 TPS di empat Kecamatan yang digabungkan dengan perolehan hasil Pilkada Tanggal 27 Juni 2018, Dan MK memerintahkan Termohon (KPU) untuk menjalankan amar putusan ini.
Berdasarkan putusan tersebut, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Nomor Urut 1, Bamunas S Boediman – Effendi Edo (OKE) total suara 78.671 suara 49,4,% dan Pasangan Calon Nomor Urut 2, Nashrudin Azis – Eti Herawati (PASTI) total suara 80.590 suara 50,6% dengan total suara secara keseluruhan 159.261 suara 100 %.
Calon Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Cirebon yang telah menunjukkan kesadarannya demi kepentingan bersama. Dimana, kata dia, semuanya telah dilalui dengan aman, tertib, dan lancar.
”Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat telah memiliki kesadaran tentang hukum semua tahapan Pemilu yang dilakukan dengan penuh kesabaran,” ucapnya usai mengikuti sidang tersebut.
Lanjut Aziz, mudah-mudah ini sebuah pertanda bahwa Kota Cirebon kedepan akan menjadi semakin lebih baik. Terima kasih juga dirinya ucapkan kepada tim kuasa hukum dan seluruh komponen masyarakat yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pilkada 2018 ini.
”Semoga Allah SWT meridhoi Pemilu ini, dan memberikan rahmat kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon,” ungkapnya.
Aziz menambahkan, jika dirinya merasa bersyukur bahwa Pemohon (Bamunas-Edo) telah menunjukkan sikap dewasa dan negarawan. Dimana, kata dia, Pemohon mengajukan keberatannya melalui saluran resmi dan menerima hasilnya dengan legowo.
”Hal itu menunjukkan bahwa Pasangan Bamunas dan Edo memiliki jiwa kenegarawan. Dan kami sangat menghargai, serta kami akan belajar banyak ke beliau untuk membangun Kota Cirebon,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Calon Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semuanya. Sehingga, semua tahapan yang telah dilalui ini sampai pada putusan MK berjalan dengan baik dan lancar.
”Semua tahapan sudah dilalui. Saat ini, sudah waktunya bekerja demi Kota Cirebon lebih baik lagi,” kata Eti.
Eti menambahkan, dirinya tinggal menunggu penetapan dari KPU. Dimana, bisa saja bulan November atau pun Desember pelantikan. Meski demikian, kata dia, semua akan berjalan tanpa halangan. Sehingga masyarakat Kota Cirebon akan bisa lebih terlayani dengan baik.
”Kita nunggu penetapan KPU, kemudian paripurna istimewa DPRD dan pelantikan,” pungkasnya. (Kris)