MK-Majhu Siap Ajukan Gugatan

0
250

TERNATE,- Meski gugatan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Muhammad Kasubah dan Abdul Majid Husen (MK-MAJHU) dikembalikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) sebab dianggap tidak memenuhi syarat materil, Nampaknya kedua paslon ini tidak menyerah begitu saja.
Muhammad Kasuba salah satu calon Gubernur Malut kepada wartawan Sabtu (24/2/2018) mengatakan gugatan MK-MAJHU yang disodorkan kepada Abdul Gani Kasuba dan M Ali Yasin (AGK-Ya) sebagai Paslon Gubernur dan wakil Gubernur nampaknya tidak direspon oleh Bawaslu Malut sehingga sebagai alternatif mereka melakukan kasasi ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN)

“ Saya kira kami mengikuti seluruh tahapan proses hukum, kalaupun dilevel tertentu terjadi putusan dan sepanjang itu masih ada peluang ke level yang lain maka kami tetap melanjutkan dan memastikan bahwa seluruh proses pelaksanaan benar-benar ada kepastian hukum, ” kata Kasuba.

Menurutnya, dalam tahapan yang dikeluarkan Bawaslu bahwa gugatan MK-MAJHU ke AGK-YA ini tidak memenuhi syarat materil.

” Dari sini kami bermaksud untuk memastikan dengan proses undang-undang hukum yang berlaku malui PTTUN agar kita clearkan gugatan ini sehingga kedepan tidak menjadi sesuatu yang menyisihkan ketidakpastian, ” Pungkasnya.

Masih menurut Kasuba, apakah gugatan itu ada legal stending atau tidak mestinya Bawaslu melakukan persidangan sebelum mengembalikan dokumen gugatan, jangan bawaslu serta merta mengembalikan dokumen gugatan tanpa ada persidangan terlebih dahulu.

” Harus disidangkan dulu putusannya agar jangan terkesan Bawaslu secara serta merta langsung mengatakan tidak menerima gugatan tersebut, ” cetusnya.

Ia melanjutkan, langkah-langkah dalam perisiapan menempuh PTTUN sudah dikaji dan dianalisa oleh tim hukum Paslon MK-MAJHU, dan apakah bisa dilanjutkan atau tidak, apalagi perlakuan Bawaslu Malut yang semena-mena menolak begitu saja tanpa mendasari fakta-fakta yang disesuaikan. Bahkan langkah untuk menempuh PTTUN sudah disampaikan. (Min)