Menag Resmikan Klenteng Kong Miao Jakabaring

0
24

PALEMBANG.- Klenteng Kong Miao Jakabaring menjadi rumah ibadah keenam yang berada di Sport City Jakabaring, Palembang. Klenteng ini diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (11/7/19).

Gubernur Sumatera Selatan Herman Daru merasa bangga dengan berdirinya rumah ibadah agama Konghuchu ini. “Meskipun harapannya bisa digunakan saat Asian Games, jujur bangga akhirnya sekarang sudah berdiri,” kata Herman.

Kebanggan bertambah dengan diberikannya penghargaan kepada provinsi Sumatera Selatan sebagai daerah dengan zero konflik. “Sumatera Selatan adalah daerah yang tidak ada konflik antar ras, suku maupun agama. Dan itu sudah sejak dulu hingga sekarang,” ungkap Gubernur.

Gubernur menilai keberadaan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sangat penting. Menurutnya,  FKUB berperan besaf dalam mempersatukan sekian banyak perbedaan. “Tidak ada kekuatan yang berdiri sendiri. Kebersatuan adalah kekuatan,” tandasnya.

Menag Lukman Hakim Saifuddin berharap,  Klenteng Kong Miao tidak hanya menjadi rumah ibadah, tapi juga wahana, medium, memahami, menghayati ajaran agama. “Harapannya bisa merefleksikan wujud keagamaan di negara kita.” kata Menag.

Menurut Menag, fungsi rumah ibadah tidak semata menjadi tempat menjalin hubungan vertikal dengan Tuhan. Lebih dari itu, rumah ibadah juga bisa difungsikan sebagai medium interaksi sosial.

“Kesalehah tidak hanya bisa diukur secara individual, tapi juga sosial, bagaimana kebermanfaatan kepada sesama,” ujar Menag.

Peresmian Klenteng ditandai pengguntingan pita dan penanaman pohon di depan Klenteng.

Selain Gubernur Sumsel Herman Daru, tampak hadir Kepala Pusat Pembinaan Agama Konghuchu Mudhofir, Ketua Matakin Budi Tanuwibowo, para tokoh agama Konghuchu, serta jajaran dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan. (Red)


Komentar Anda?