Memasuki Masa Pilkada, KPU Bungo Sepakati MoU Bersama Kejari Bungo

0
805
INAPOS,MUARABUNGO – penandatanganan MoU antara KPU kab. Bungo dengan Kejaksaan Negeri Bungo tentang Penanganan Masalah Hukum bidang perdata dan tata usaha negara,Kamis (03/09/20).

Hari ini Ketua KPU Kabupaten Bungo, Muhammad Bisri beserta staff mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bungo untuk melakukan penandatanganan (MoU) antara KPU dengan Kejaksaan Negeri Bungo.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan penandatangan MoU bersama Kejaksaan Negeri Bungo dalam rangka sebagai jaksa pengacara negara, andai kata ada sengketa dalam tahapan-tahapan pilkada 2020, Semoga semua berjalan dengan lancar” ungkap Muhammad BisriAcara ini dilanjutkan dengan penandatanganan Ketua KPU bersama Kepala Kejaksaan Negeri dan langsung melakukan penyerahan MoU antara kedua belah pihak.

DalamkesempataniniKepala Kejaksaan Negeri Bungo Bimo Budi Hartono, SH.,MH menyampaikan MoU pada hari ini antara KPU dan kejaksaan Negeri Bungo ini fungsinya adalah mengoptimalkan tugas dan fungsi masing-masing.

Perjanjiankerjasama iniĀ  dikemas dalam penanganan masalah hukum perdata dan Tata usaha Negara. Bidang tata usaha negara ini adalah bidang yang dipunyai oleh kejaksaan yang diatur dalam UU no. 16 tahun 2004 pasal 30 ayat 2.

Yang mana dijelaskan dalam pasal tersebut bahwa lembaga pemerintahan bisa meminta kepada kejaksaan dengan surat kuasa khusu untuk mewakili diluar maupun didalam pengadilan.

Pilkadamemilikibeberapa tahapan, dimana disetiap tahapan potensi konfliknya pasti ada. Nanti disetiap tahapan itu ada konflik atau sengketa.

KPUdengan adanya perjanjian kerja sama ini kejaksaan bisa nantinya mewakili KPU dalam bidang Hukum.Ungkapnya Lagi

(Dian)