Masyarakat Babel Impikan KEK Berjalan

0
167

BABEL – Pulau Belitung sudah tak asing lagi oleh sebagian wisatawan baik nasional maupun tingkat Internasional. Begitu juga dengan adanya program ‘KEK’ Pariwisata di pulau belitung yang akan memicu lajunya perekonomian dibidang pariwisata kedepan sangat diharapkan.

Kendati demikian, warga sangat mendukung dengan adanya program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berada di desa Keciput dan Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang masih satu hamparan dengan areal pantai tanjung kelayang. Program yang dicanangkan oleh pemerintah di era kepemimpinan Presiden Ri Joko Widodo, tentunya sangat membantu demi kemajuan dan pengembangan pariwisata yang di Pulau Belitung, Prov Kep. Babel.

Terlihat Rabu 11 April 2018, sejumlah warga yang berada disekitar wilayah  KEK Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk, Kab Belitung warga terlihat antusias   dan sangat mendukung dengan adanya program ‘KEK’ Pariwisata. Dengan  harapan kedepan akan memajukan pariwisata dan tentunya harapan warga akan menciptakan  lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat setempat (khususnya) sesuai dengan kemaampuan maupun SDM yang mereka miliki. Tentunya hal tersebut akan menyeimbangi pariwisata yang ada.

Kepala Dusun Keciput Tanjung Kelayang Suhadi, saat di temui sejumlah wartawan dirumahnya Rabu 11 April 2018, siang mengatakan dirinya sangat mendukung dengan adanya program ‘KEK’ selain itu dirinya berharap semoga terjalinnya kerjasama yang baik kepada masyarakat setempat dan jangan sampai menjadi tamu dirumahnya sendiri. Selain itu kita harapkan semoga secepatnya  program ‘KEK’ ini terealisasi.

“Dengan adanya ‘KEK’ kami berharap ada kerjasamanya dengan masyarakat setempat,  maksudnya ya, dlibatkan jangan sampai disudutkan atau di belakangi, dengan demikian  sudah tentu akan menambah dan membantu perekonomian bagi masyarakat,” ungkap Suhadi.

Mengingat program ‘KEK’ ini ya setidaknya sudah bertarif internasional, kami juga  mengharapkan adanya sosialisasi baik dari pihak pemerintah daerah maupun bila perlu dari pihak pengembang. Hal itu diharapkan mengingat kemungkinan SDM kita yang ada khususnya bagi warga sangat perlu untuk membekali mereka.

“Untuk menyeimbangi pariwisata yang ada, pembekalan SDM sangat perlu oleh karena itu kami berharap nantinya ada sosialisasi dari pemerintah daerah,” tuturnya.

Kepala Desa Tanjung Binga Tarappe kepada Belitong Betuah saat ditemui dikantornya Rabu 11 April 2018 mengatakan dirinya sangat menyambut baik dengan adanya kawasan khusus pariwisata yang ditetapkan  baik yang berada atau pun berdomisili  di wilayah Desa Tanjung Binga dan Desa Keciput. Dengan adanya ketetapan dari Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa wilayah kami ditetapkan menjadi sebuah kawasan ekonomi  khusus pariwisata, ada pun untuk itu kami selaku masyarakat desa tanjung binga berharap  bisa ikut serta dalam meningkatkan ekonomi khusus, khususnya ekonomi masyarakat yang bergerak di bidang pariwisata.

“Dengan adanya ketetapan dari Presiden RI Joko Widod menyatakan wilayah kami ditetapkan menjadi sebuah kawasan ekonomi khusus pariwisata, kami selaku masyarakat masyarakat desa tanjung binga berharap  bisa ikut serta dalam meningkatkan ekonomi khususnya masyarakat yang bergerak di bidang  pariwisata. Tentunya perekonomian masyarakat kami akan merasa sangat terbantu terutama yang bergerak di bidang pariwisata tersebut, yang selama ini mereka melaut tidak menutup kemungkinan perahu motor mereka bisa digunakan untuk transportasi pengangkut tamu-tamu yang berwisata ke pulau-pulau terdekat,” ujar Tarappe.

Selain itu, (tambahnya Tarappe-red) harapan kami  mereka (warga) juga ikut diberdayakan. Dengan itu kami berharap SDM-SDM yang berada di wilayah kami juga bisa dimanfaatkan nantinya.  Baik dari pihak pengembang dikawasan itu nantinya, sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. Dan alhamdulillah pelan-pelan kami juga sudah mensosialisasikan kepada masyarakat kami supaya untuk bisa belajar mengikuti era ini, dengan demikian kami juga harus mempersiapkan  SDM_SDM yang mumpuni. Kami juga sudah di dukung  oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan alhamdulilah kami dapat menghadirkan sebuah SMK Pariwisata di wilayah kami. Yang rencana akan dibangun di tahun ini, itu sebagai bukti kami untuk bisa memunculkan SDM-SDM yang bisa berkompetensi nantinya di era pariwisata yang internasional, jelasnya.

Begitu juga salah satu tokoh msyarakat Desa Keciput, Tanjung Kelayang Mat Ali Bidin yang biasa akrab disapa Pak Anjang saat ditemui sejumlah wartawan dirinya mengatakan sangat mendukung adanya program ‘KEK’ pariwisata sepanjang itu berdampak positif bagi masyarakat dan pemerintah.

“Dimana saja, bukan hanya di pulau belitung asalkan berdampak positif  bagi masyarakat tentunya sangat mendukung, selain itu libatkan lah masyarakat jadi ada porsinya. Istilah kami orang kampung, ‘urang umpan gede kan pastinya dapat ikan gede, dak mungkin lah,, mancing buaya pakai umpan cacing, kan gitu istilahnya. Jadi kalau umpan cacing pastinya ikan kecik dapat e,” kata Mat Ali yang biasa disapa Pak Anjang. kepada wartawan.

Menyambut era pariwisata internasional ini, baginya masyarakat Desa keciput Tanjung kelayang sudah siap menyambutnya, lanjut Pak Anjang tokoh masyarakat. Dengan jumlah sekitar 200an unit perahumotor pemandu  wisata yang ada di Desa Keciput Tanjung Kelayang, alhamdulilah saat ini masyarakat terbantu secara perekonomian,tuturnya.

Adapun tokoh masyarakat Desa Tanjung Binga dan warga menuturkan hal yang sama, dengan kehadiran ‘KEK’ Pariwisata ini mereka  sangat mendukung bukan hanya seratus persen bahkan seribu persen seperti dikatakan oleh tokoh masyarakat Tanjung Binga kek Nurdi dan Ramlek yang biasa disapa. “Bukan hanya seratus persen, tapi seribu persen saya mendukung  program Presiden RI Joko Widodo itu, dan masyarakat juga harapan saya nantinya tolong dibantu juga ya,, paling tidak ikut dipekerjakanlah,” kata Nurdin yang juga dukun kampung Desa Tanjung Binga kepada wartawan Rabu (11/4/2018).

Begitu juga warga Desa Tanjung Binga yang biasa disapa Ramlek saat ditemui sejumlah wartawan Rabu 11 April 2018 mengatakan, sebagai warga desa tanjung binga dirinya sangat mendukung kehadiran program pemerintah pusat era Presiden RI Joko Widodo.

“Masyarakat Tanjung Binga mendukung ‘KEK’ yang berada di Desa Tanjung Binga yang bernama ‘KEK Tanjung Kelayang’ kita mendukung program Presiden RI Joko Widodo. Jika nanti ada yang mengatakan kami warga desa tanjung binga tidak mendukung ‘KEK’ itu tidak benar, dan kami sangat mendukung program tersebut,” tandasnya. (DN)


Komentar Anda?