Mahasiswa Universitas Semarang, Dukung Donat DJ Foundation Berbasis Website

0
120

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Semarang Membangun Program Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Website pada UMKM DJ Foundation Donat Semarang

INAPOS, SEMARANG,- Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan perkembangan teknologi pula telah membawa cakrawala befikir manusia menjadi lebih berkembang, Sehingga manusia yang berperan sebagai penggunanya harus dapat memanfaatkan dengan bijak untuk mempermudah aktivitas manusia itu sendiri.

Perkembangan teknologi juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan dunia bisnis. Oleh karena itu, harus adanya pengelolaan sumber daya manusia dengan baik agar perkembangan teknologi ini dapat dirasakan manfaat sepenuhnya.

Donat DJ Foundation adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang olah pangan. Kebutuhan pangan juga merupakan salah satu dari kebutuhan pokok manusia. Manusia sebagai mahluk hidup pastinya membutuhkan pangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal tersebut kemudian dijadikan peluang bisnis yang berpotensi untuk mendirikan usaha ini. Donat Dj Foundation beralamat di jalan Dworowati Raya No. 28 Semarang ini telah didirikan sejak September 2018.

Produk yang dihasilkan dari usaha ini berupa donat dengan beraneka ragam pilihan topping. Dalam mengerjakan pesanan dari konsumen, Joni Ariyanto selaku pemilik dari Donat DJ Foundation mengedepankan SOP yang ada untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Pengelolaan keputusan pada DJ Foundation masih menggunakan cara biasa yaitu melalui perhitungan manual.Untuk membantu penjualan, mahasiswa program studi Sistem Informasi Angkatan 2018 Universitas Semarang yakni Andhini Feranita Pratiwi, Rizal Rafli Fajar Kurniawan, Annisa Bunga Aurelia dan Firman Firdaus dengan bimbingan dari dosen Saifur Rohman Cholil, S.Kom, M.Kom memberikan solusi dari permasalahan tersebut di atas dengan membuatkan program pendukung keputusan berbasis Web.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan dimana mahasiswa diminta untuk melakukan pendampingan usaha dengan cara membantu usaha dikalangan masyarakat atupun instansi dalam bidang IT” tegas Cholil selaku dosen pengampu mata kuliah.

“Kami berterima kasih dan sangat terbantu dari pembuatan program pendukung keputusan berbasis web yang sudah dibuatkan” ungkap Joni selaku pemilik UMKM Donat DJ Foundation.

Adapun dalam pembuatan program tersebut, mahasiswa berharap bisa membantu dalam proses menentukan keputusan yang tepat di kalangan UMKM.

“Harapan dari pembuatan program ini bisa membantu UMKM dalam menentukan sebuah keputusan ketika bahan yang dipertimbangkan sangat banyak, sehingga dapat mempermudah pihak UMKM dalam menentukan keputusan secara cepat, dan akurat”. Ujar Rizal Rafli selaku perwakilan dari mahasiswa.

Sumber : Annisa Bunga Aurelia (Mahasiswa Universitas Semarang)