Mahasiswa FTIK USM Perkenalkan Sistem Web ERP

0
325

INAPOS, SEMARANG,- Kemajuan teknologi terus berkembang, dalam segala lini aktifitas manusia di muka bumi. Seliruh sistem sudah mulai bergerak mengunakan teknologi sebagai penunjang, begitu dalam dujia bisnis.

Atas dasar tersebut, mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) memperkenalkan sebuah sistem Web ERP (Enterprise Resource Planning) pada Butik Batik Hatta.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Tria Ardianita, Leatitia Daphne, Adi Setyawan dan Yudha Erianto.

Butik Batik Hatta merupakan toko UKM BUMN yang bergerak di bidang konveksi dan fashion yang terfokus pada dunia perbatikan.

Butik tersebut berlokasi di jalan Graha Mukti Raya no.361, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang.

Penerapan sistem pada butik tersebut dilakukan agar dapat memanajemen semua hal yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang. Dosen pengampu mata kuliah Pemrograman Aplikasi Bisnis, Agusta Praba Ristadi Pinem, S.Kom, M.Kom menjelaskan bahwa sistem Web ERP memiliki banyak fitur yang cocok digunakan untuk berbagai bisnis terutama di bidang pendistribusian dan manufacturing.

Sistem ini hanya memerlukan web browser, pdf reader serta jaringan internet.

“Hal yang pertama kali dilakukan adalah melakukan riset dengan mengunjungi lokasi mitra, dilanjutkan mencari data dengan cara wawancara dengan pihak terkait, dan melakukan pengimplementasian sistem ke dalam Web ERP serta mengintegrasikan sistem tersebut ke Butik Batik Hatta”, kata salah satu mahasiswa.

Manfaat yang didapat bagi pemilik butik adalah semua pengelolaan penjualan dan pembelian barang (batik) akan lebih mudah efisien. Sedangkan bagi mahasiswa adalah dapat menggali kemampuan mahasiswa itu sendiri agar dapat lebih memahami tentang sistem serta memiliki suatu pengalaman. (Rils/Red)