Lewat Kesenian, Komisi I DPR RI dan Kominfo Ajak Masyarakat Hindari Berita Hoax

0
368
KABUPATEN CIREBON.- Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar Dave AF Laksono bersama Kominfo RI terus mensosialisasikan bahaya Hoax kepada masyarakat.

Kali ini, sosialisasi tersebut dibalut dengan kesenian budaya lokal khas Pantura yakni dengan pertunjukan “Sandiwara” yang dilangsungkan dilapangan Desa Mayung, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Sabtu (30/3) malam.
Direktur Komunikasi dan Informasi Bidang Polhukam Kominfo RI, Bambang Gunawan mengatakan, Hiburan seni salah satu strategi pihaknya untuk menarik perhatian orang dengan banyak cara, salah satunya melalui kesenian, pesan-pesan kepada masyarakat terkait bahaya berita hoax dapat dengan mudah diserap oleh masyarakat.
“Karena melalui seni, daya tarik dan antusias masyarakat lebih beaar, dengan sendirinya bisa langsung diserap oleh masyarakat,” ujarnya.
Masih kata Bambang, saat ini Kominfo bekerjasama dengan banyak pihak mengajak masyarakat bersama-sama patuh kepada UU ITE untuk tidak mendistribusikan informasi yang belum jelas kebenarannya.
“Marilah kita bijak dalam bermedsos, manakala kita santun maka semua proses akan berjalan dengan lancar,” jelasnya.
Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar Dave AF Laksono menyampaikan jika kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan bangsa, membuka mata masyarakat untuk tidak gampang mudah tertipu berita hoax dan sekaligus melestarikan budaya Cirebon.
Dave mengajak masyarakat agar jangan terperangkap dibodoh-bodohi sekelompok orang yang mau merusak persatuan dan kesatuan.
“Kita sepaham untuk menjaga persatuan,
Kita semua orang pintar, bermartabat yang selalu menomor satukan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Dave.
Ia juga berpesan, masyarakat jangan terpengaruh oleh orang yang dengan tujuan memeras rakyat, memiskinkan rakyat. “Mari bersama-sama untuk bersatu mempertahankan bangsa ini,” ucap Dave.
Dave menambahkan, Bangsa ini sudah didalam posisi yang tepat menuju kemajuan
Infrastruktur, budaya, sosial, banyak program yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat.
“Pesan utama menjaga persatuan dan kesatuan, gunakan internet secara sehat dan gunakan untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya.
Kepala Dinas Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Hartono mengapresiasi langkah Kominfo beserta Anggota Komisi I DPR RI Dave AF Laksono yang terus berupaya mensosialisasikan bahayanya Hoax.
“Saya apresiasi dengan kegiatan ini yang sekaligus dapat melestarikan budaya lokal,” katanya.
Ia mengajak masyarakat bersama sama hindari berita hoax yang dapat mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan.
“Mari bijak dalam menggunakan media sosial untuk Cirebon yang damai, aman dan tentram,” pungkasnya. (Kris)