Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Robil Syaifullah (Ketiga dari Kiri) saat memberikan keterangan pers di Pasar Jagasatru saat meninjau Karya Bakti TNI. Kris

KOTA CIREBON.- Kodim 0614/Kota Cirebon menggelar Karya Bakti dengan membersihkan areal pasar Jagasatru Kota Cirebon, Sabtu (1/10/22).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, sekaligus menyambut HUT TNI ke- 77.

Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah menuturkan, kegiatan ini merupakan bakti TNI kepada masyarakat sekaligus upaya mengaplikasikan nilai yang terkandung pada pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kehadiran TNI ada di tengah masyarakat. Bukan hanya slogan saja tetapi bentuk nyata kita hadir disini untuk peduli kebersihan,” tutur Dandim.

Masih kata Dandim, di Hari Kesaktian Pancasila ini pihaknya juga memutar lagu-lagu nasional di semua jajaran Koramil dan juga ditempat keramaian yang tentunya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kota Cirebon.

“Ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama generasi muda bahwasannya ideologi Pancasila satu-satunya yang harus di Pedomani sebagai warga negara Indonesia dan juga untuk mengingatkan kembali masih banyak upaya-upaya pihak lain yang ingin merubah ideologi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dandim berharap, dengan kegiatan-kegiatan tersebut pihaknya mencoba membangkitkan kembali rasa nasionalisme masyarakat dan menumbuhkan rasa cinta kepada NKRI.

“Mari menjaga betul Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa kita,” pungkasnya. (Kris)