Lestarikan Nilai Budaya, Pencak Silat Sarwajala Club Dikukuhkan

0
27

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah Kota apresiasi kepedulian Lanal Cirebon yang telah membina club pencak silat. Sebanyak 2 orang pencak silat asal Kota Cirebon yang mengikuti turnamen pencak silat Asia Eropa di Bandung diharapkan bisa meraih prestasi.

 

Apresiasi dan rasa terima kasih tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si., usai pengukuhan pencak silat Sarwajala Club di Lanal Cirebon, Rabu (30/1).

“Semoga dengan pengukuhan ini bisa memotivasi atlet pencak silat yang khususnya ada di Kota Cirebon,” ungkap Asep.

Masih kata Asep, Kota Cirebon selama ini sudah dikenal dengan prestasi pencak silatnya. Salah satunya atletnya Pujo Janoko yang sudah berprestasi hingga tingkat dunia.

Selain itu, pencak silat juga merupakan budaya asli nenek moyang bangsa Indonesia. Karenanya, Asep sangat berharap pengukuhan Sarwajala Club yang dibawah asuhan Lanal Cirebon sekaligus upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya nenek moyang Indonesia di Kota Cirebon.

“Kita harus pelihara dan kita harus jaga. Ini aset bangsa,” tegasnya. Sedangkan untuk dua atlet pencak silat yang akan berlaga di turnamen silat Asia Eropa di Bandung, Asep berharap juga bisa meraih prestasi, terutama juara pertama.

Sementara itu Danlanal Cirebon, Letkol Mar Yustinus Rudiman, M.TR.Hanla, M.TR.Han., mengungkapkan jika nama Sarwajala diambil dari nama pasukan lautnya kesultanan Cirebon.

“Kita sudah minta izin kepada Sultan untuk menggunakan nama tersebut,” ungkap Yustinus.

Selama ini, lanjut Yustinus, sudah sejumlah club olahraga yang mereka bina, yang terbaru yaitu pencak silat. Dengan pengukuhan ini Yustinus berharap mereka bisa ikut andil untuk melestarikan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia.

Selain itu, club mereka, juga sudah memiliki dua atlet yang berprestasi. Keduanya akan dikirimkan untuk bertanding pada turnamen pencak silat Asia Eropa di Bandung. Yustinus berharap keduanya bisa mengukir prestasi di kancah olahraga tersebut.

Adapun dua atlet pencak silat yang mengikuti turnamen pencak silat Asia Eropa di Bandung masing-masing atas nama Mika Provina alumni SMA Negeri 4 Kota Cirebon dan Gerla Pitaloka siswa kelas 5 SDN Panembahan 2 Kota Cirebon.

“Kebetulan dua kali berturut-turut saya menang dan mohon doa semoga tahun ini menang kembali,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?