Lanal Cirebon Gelar Apel Kesiapsiagaan Satgas Bencana Alam

0
573
KOTA CIREBON.- Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon gelar Apel Kesiapsiagaan Satgas Bencana Alam yang berlangsung di Halaman Mako Lanal Cirebon, Rabu (8/1/20).

Kegiatan tersebut dalam rangka membantu pemerintah daerah (Pemda) menanggulangi bencana alam yang terjadi di wilayah Lanal Cirebon.
Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho dalam amanatnya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka kesiapan aspek personil dan peralatan yang merupakan salah satu tugas pokok TNI untuk memberikan bantuan bencana alam baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sesuai dengan Undang-undang RI No 34 tahun 2004 tentang TNI.
“Selain bertugas untuk perang, TNI juga membantu penanggulangan bencana dan kemanusiaan. Ini dilakukan baik di pusat, daerah, kota dan kabupaten,” ujar Danlanal.
Lanal Cirebon dalam membantu Penanggulangan bencana tidak berdiri sendiri, akan tetapi tetap dibawah koordinasi pimpinan daerah, baik itu wali kota atau bupati di wilayahnya.
“Kami tidak berdiri sendiri, tapi di bawah koordinator pemerintah daerah kota atau kabupaten. Sehingga pemda merasa terbantu kehadiran Lanal Cirebon saat penanggulangan bencana alam,” jelasnya.
Danlanal menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan instansi lain seperti BASARNAS, BPBD, Polair Polda Jabar dan Polres, Polsek serta Kodim atau Koramil setempat.
“Sampai saat ini di daerah yang rawan belum terjadi bencana yang signifikan. Tetapi kami tetap waspada. Mudah – mudahan tidak ada bencana yang besar dan berjalan dengan normal,” pungkasnya. (Kris)