KRI Teluk Amboina 503 Embarkasi Yonif TNI AD Badak Putih di Pontianak

0
209

JAKARTA, INAPOS —  Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Amboina 503 yang mendukung operasi angkutan laut militer melaksanakan embarkasi pasukan Yonif TNI AD Badak Putih di dermaga umum 03 Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/2).

Komandan KRI Teluk Amboina 503 Letkol Laut (P) Wishnu Ardiansyah, M.Tr (Hanla) mengatakan, kapal dan seluruh anak buah kapal siap mendukung operasi angkutan laut militer. Kali ini lebih dari 400 prajurit TNI AD dari Yonif Badak Putih yang purna tugas usai melaksanakan

Pengamanan Perbatasan darat RI-Malaysia diangkut menuju Home basenya.
Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menjelaskan bahwa dukungan kapal – kapal perang Kolinlamil ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pokok Kolinlamil dalam menyelenggarakan angkutan laut militer.

Selama melaksanakan lintas laut menuju pangkalan tempat menurunkan pasukan TNI AD tersebut, KRI Teluk Amboina 503 juga mengemban misi polisionil untuk menjaga keamanan laut. Persepsi TNI Angkatan Laut tentang keamanan laut adalah Laut bebas dari ancaman kekerasan (pembajakan, perampokan, sabotase obyek vital, bahaya ranjau dan teror), Laut bebas dari ancaman navigasi (sarana navigasi yang memadai); Laut bebas dari ancaman terhadap sumber daya laut (pencemaran dan perusakan ekosistem laut); dan Laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum (illegal fishing, illegal logging, migran dan penyelundupan).

Selain tugas-tugas tersebut, Kolinlamil juga berperan aktif dalam mendukung operasi bakti kemanusiaan, penanggulangan bencana dan SAR. (pen)


Komentar Anda?