KPUD Beltim, Pemilu 2019 Agar Lebih Baik.

0
369

INAPOS, Babel – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Guest Hotel Manggar Beltim, sabtu (28/10/2017).

 

Kegiatan dihadiri oleh berbagai lembaga termasuk perwakilan Partai Politik se-Beltim. Yang selanjutnya dilaksanakan dalam dua seaia acara, yaitu acara Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD), dengan tema “Peningkatan Partisipasi Masyarakat”.

 

Komisioner KPUD Beltim, Suro Mampan Siregar menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 mendatang.

 

“KPU pengen partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 nanti benar-benar meningkat, Partisipsi masyarakat meningkat bukan artian dalam kehadiran saja pada saat pencoblosan, tapi partisilasi dalam artian dari mulai keterlibatan masyarakat, dari hal pengawasaan setiap ¬†pelaksanaan program-program tiap tahapan, sehingga hadir ke TPS itu.” Jelas Suro.

 

Karena itu, Suro berharap agar masyarakat lebih memahami dan membagi pengetahun tentang pentingnya pengetahuan politik.

 

“Kita nenghadirkan kawan-kawan dari seluruh stakeholder dengan harapan, mereka membagi pengetahuan dari KPU ini kemasyarakat lain yang dak bisa hadir semua. Makanya ke lembaga kita berharap ada keterwakilannya. Kalau memungkinkan, kita berharap banyak sekali (yang hadir, red), tapi karena anggaran yang diberikan dari pusat segitu, mampunya kita ya segitu.” Harap Suro.

 

Sesudah acara sosialisasi ini kita ada acara group diskusi, disini kita mau menginventarisir persoalan-peraoalan apa, isu strategis apa yang kira-kira berpengaruh dalam hal partisipasi masyarakat kedepan.

 

“Kita berharap, sosialisasi itu menghasilkan solusi kenapa sosialisasi masyarakat dalam hal pengawasan itu rendah dengan kehadiran di tps. Tadi ada masukan, mungkin masalah kekurang mengertian dari masyarakat tentang bagaimana teknik melaporkan, jadi karena minimnya informasi. Makanya sekarang kita berharap seluruh yg hadir ini bisa menularkan ilmu bahwa pentingnya pengetahuan politik itu. Apabila msyarakat sudah diberi pendidikan politik mereka pasti paham untuk melaporkan, mengawasi itu penyelenggaraan pemilu.” Imbuh Suro.

(Imron.L)