KPUD Beltim Berikan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga

0
387

INAPOS, Babel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), melaksanakan Sosialisasi dan fasilitasi pendidikan pemilih kepada masyarakat, bagi pemilih berbasis keluarga, pada tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Tanjung Batu Itam Kecamatan Simpang Pesak. Selasa (3/12). Acara dihadiri oleh komisioner KPU Beltim Asrikhah selaku divisi sosialisasi pendidikan pemilih parmas dan SDM, Rizky Rinaldi divisi informasi dan data, Kepala Desa Tanjung Batu Itam Zulpian, dan Bawaslu kab Beltim Ihsan Jaya, serta puluhan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan, disampaikan tentang jadwal tahapan pemilihan  Pilkada 2020. Mulai tahapan persiapan, penyelenggaraan, penyusunan dan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah (NPHD), Penyusunan dan pengesahan peraturan penyelenggaraan pemilihan, Sosialisasi pembentukan badan adhoc PPK PPS dan KPPS.

Selain itu, ada simulasi cek data pemilih kepada peserta. Karena itu, KPU Beltim berharap, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 mendatang, agar warga tetap semangat untuk menggunakan hak pilih. Sehingga partisipasi masyarakat semakin meningkat.

“KPU menghimbau kepada masyarakat untuk tidak Golput..karena satu suara  nanti sangat penting untuk Belitung Timur yang lebih baik,” tutur Asrikhah.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Itam, Zulfian mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi KPU Kabupaten Beltim atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan, dalam memberikan pendidikan atau pemahaman kepada masyarakat yang ada di desanya.

“Presentase Partisipasi masyarakat pada waktu Pemilu serentak 2019 sudah mencapai target nasional yaitu 77,5 persen, untuk Beltim presentase partisipasi masyarakat mencapai 84 persen. Oleh karenanya, ini menjadi tantangan bagi KPU, dimana prestase untuk pemilihan nanti harus bisa bertahan, dan kalo perlu bisa ditingkatkan lagi,” ujar Zulfian.

 

Penulis : Imron L / Mulyadi

Sumber : Divsos KPU Beltim.