KPM DR Putat IAI Bunga Bangsa Cirebon Hasilkan E-Putat

0
254

KAB. CIREBON.- Dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon mengadakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Dari Rumah (KPM DR) di berbagai desa di wilayah Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini digelar selama 40 hari dari 26 November-30 Desember 2020. Salah satu desa yang menjadi tempat Kuliah Pengabdian Masyarakat adalah Desa Putat Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.
Kegiatan KPM DR tahun 2020 ini bertemakan “Membangun Desa Era Tatanan Hidup Baru Berbasis Information Society”, sesuai dengan tema KPM tahun ini, maka arahan Rektor IAI Bunga Bangsa Cirebon Dr. H Oman Fathurrohman, MA, agar para peserta KPM DR dapat menjadikan setiap desa untuk menjadi desa digital.

“Sesuai dengan tema KPM DR tahun ini, saya berharap para peserta KPM Di Desa Putat dapat menjadikan sebagai desa digital yang memuat akan pelayanan masyarakat sebagai keperluan masyarakat” Ungkap Dr. H. Oman Fathurrohman, MA selaku Rektor IAI Bunga Bangsa Cirebon dalam kesempatan pembukaan KPM.

Kegiatan KPM DR yang dilaksanakan di Desa Putat selama ini mempunyai beberapa program yang sudah dirancang oleh peserta. Salah satu program unggulannya yaitu pembuatan website pelayanan desa yang diberikan nama E-Putat.

“Dalam kegiatan KPM DR ini, kami para peserta mempunyai harapan dapat membantu aparat desa dalam mempermudah pelayanan masyarakat yakni kami membuat Website yang diberi nama E-Putat. Website ini berguna sebagai salah satu flatform untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan pelayanan masyarakat seperti pembuatan KTP, Akta Lahir atau SKTM” Ungkap E Maulana Yusuf selaku Bidang Teknologi dan Informasi KPM DR.

Selain pembuatan Website E-Putat, kelompok KPM DR Desa Putat mempunyai beberapa program lainnya diantaranya, membuat beberapa sosial media Desa Putat seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

“Selain pembuatan Website E-Putat, kami mempunyai beberapa program yang dijalankan di Desa Putat, beberapa program kegiatan KPM DR di antaranya adalah pembuatan sosial media Desa Putat, Seminar Moderasi Agama, Seminar Bisnis Tanpa Modal, Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru, Kami berharap dengan beberapa program yang sudah dijalankan dapat memberikan nilai positif untuk kemajuan masyarakat Desa Putat” Papar Muhamad Rizal selaku Ketua Kelompok KPM DR Desa Putat.

Disamping itu juga kelompok KPM DR Desa Putat ingin mengembangkan wisata religi yang sudah ada yaitu Wisata Religi Panyamunan melalui pembuatan buku sejarah.

“Desa Putat mempunyai potensi wisata religi yang sangat luar biasa yaitu Komplek Pemakaman Keramat Panyamunan yang setiap minggunya ramai dikunjungi oleh para peziarah. Kami berharap dengan adanya sentuhan dari para peserta KPM DR akan membuat bertambah banyak para peziarah dan merasa nyaman ketika berziarah serta dapat memahami tentang sejarah Panyamunan itu sendiri” Ungkap Resya Zauharotul Husna selaku Bidang Keagamaan KPM DR Desa Putat. (Kris)