Koperasi Kartika Gunung Jati Gelar RAT

0
536
KOTA CIREBON. – Bertempat di aula Lapangan Tembak Makorem 063/SGJ Rapat Anggota Tahunan Primer Koperasi Kartika Gunung Jati ke 54 tahun 2018 yang dikuti oleh seluruh anggota Primkop Kartika Gunung Jati, Senin (5/3).

Rapat Anggota Tahunan merupakan suatu agenda wajib di dalam kepengurusan koperasi, karena di dalam rapat tersebut akan terjadi pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi yang bersangkutan.
Dalam RAT tersebut disampaikan beberapa laporan tahunan yang memuat hal-hal yang perlu diketahui dalam RAT yang merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi koperasi untuk dapat dibahas dan sekaligus berdasarkan musyawarah mufakat bersama mendapat pengesahan dari seluruh anggota.
Ka Puskop Kartika Siliwangi Kolonel Inf Yosep Sudrajat menyampaikan koperasi merupakan soko guru perekonomian yang bertujuan untuk mensejahtrakan anggotanya, peran serta anggota sangat penting untuk kemajuan koperasi.
“Adanya beberapa kejadian pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh pengurus perlu disikapi dengan memaksimalkan peranan pengawas dalam mengendalikan dan mengawasi kenerja pengurus koperasi,” ungkapnya.
Pada Kesempatan yang sama Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.I.P menyampaikan Dalam tata kehidupan berkoperasi, RAT merupakan  forum  kewenangan tertinggi dan dilaksanakan dengan tujuan menyampaikan pertanggung jawaban pelaksanaan program dan pengelolaan manajemen, baik kepada pimpinan maupun kepada seluruh anggota sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berlaku.
“Koperasi harus dapat memberikan rangsangan perbaikan ekonomi kepada para  anggotanya,  berupa  harga  pembelian yang lebih murah dari tempat lain, pelayanan keuangan yang lebih mudah serta tersedianya barang-barang kebutuhan yang lebih lengkap maupun kemudahan-kemudahan lainnya,” tuturnya.
Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.I.P menambahkan diselenggarakannya RAT ini, jangan hanya sekedar untuk memenuhi ketentuan Anggaran Dasar semata, namun lebih difokuskan pada langkah-langkah atau rumusan untuk mewujudkan tercapainya tujuan  dibentuknya    Koperasi   di   lingkungan   Korem 063/SGJ, yaitu membantu peningkatan kesejahteraan seluruh anggota dan keluarganya.
Dengan demikian, tolak ukur berhasil atau tidaknya pelaksanaan tugas dan kegiatan Koperasi bukan melalui besar kecilnya Sisa Hasil Usaha (SHU), namun dapat diukur melalui “Seberapa jauh manfaat Koperasi tersebut dapat dirasakan secara langsung oleh anggota dan keluarganya”.imbuhnya.
Selain itu untuk anggota Koperasi diharapkan jangan sampai mempunyai sikap dan kesadaran yang keliru dengan pinjaman yang telah dilakukan, karena pinjaman tersebut akan menjadi beban koperasi manakala tidak diimbangi dengan kesadaran para anggota koperasi itu sendiri untuk secara displin melunasinya, begitu juga koperasi yang bergerak di sektor riil agar bisa menggunakan peluang-peluang yang timbul sehingga dapat ikut berperan aktif sebagai pelaku dan tangguh dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat.
Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.I.P pun berharap kepada segenap peserta RAT untuk dapat memanfaatkan waktu dan mengkaji ulang berbagai pelaksanaan rencana kerja, maupun rencana anggaran belanja. Apakah semua ini telah dapat dicapai sesuai dengan sasaran yang telah diprogramkan atau justru sebaliknya.
Rapat Anggota Tahunan Primer Koperasi Kartika Gunung Jati ke 54 tahun 2018 dihadiri Kepala Staf Korem 063/SGJ Letkol Arm Wahyu Widodo S.Sos, Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Da/Ka Satdisjan Jajaran Korem 063/SGJ dan Tamu undangan lainnya serta Seluruh Anggota Primer Koperasi Kartika Gunung Jati. (Pen/Red).