Konsultan Diduga Kongkalikong, Jalan Warung Satu Tambelang Amburadul

1
353

KAB BEKASI.- Setelah memenangkan tender badan usaha konsultan proyek di Pemerintah Kabupaten Bekasi, seharusnya dapat bertugas sesuai fungsinya. Dimana konsultan proyek merupakan seseorang atau badan usaha yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan sebuah proyek sehingga pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik serta selesai tepat waktu, Senin (06/09/21).

Namun kinerja konsultan di Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2021 pada kegiatan perbaikan jalan dengan judul kegiatan Peningkatan dan Pelebaran Warung Satu Tambelang Paket 9, berpotensi besar merugikan APBD Kabupaten Bekasi.

Hal ini disampaikan sejumlah pengguna jalan yang melintas saat pelaksanaan perbaikan jalan pada Sabtu 4 September 2021.

Dikatakan Rio, pemotor yang mengaku hampir setiap malam melintas jalan yang sedang diperbaiki. Menurutnya kwalitas pekerjaan sangat bergantung pada kinerja konsultan.

“Kelihatan banget kerjaan amburadul banyak pembiaran yang dilakukan seorang konsultan dalam pekerjaan itu, tega banget konsultan kerjanya begitu, padahal uang rakyat yang dipakai untuk bayar konsultan dan pemborong,” ujar Rio kepada inapos.com.

Senada disampaikan Hermawan, pengendara mini bus yang sempat terhenti lantaran jalan diberlakukan buka tutup. Walau hanya melihat sekilas, katanya, sangat jelas pemasangan bekisting salah.

“Memasang atau meletakan bekisting di samping bawah beton B0 akan mengurangi ketebalan rigid beton. Parahnya lagi, rigid beton juga tidak memenuhi papan bekisting. Artinya sudah pasti ketebalan tidak akan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),” terangnya.

Hal ini merupakan tugas daripada konsultan, sambungnya, konsultan harus turut bertanggungjawab atas terjadinya pengurangan kwalitas pekerjaan yang pastinya akan merugikan APBD Kabupaten Bekasi.

“Sebaiknya Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengevaluasi hingga memberikan sanksi tegas terhadap badan usaha konsultan yang tidak mampu bekerja profesional. Serta tidak luput sanksi tegas terhadap rekanan kontraktor yang diduga melakukan kecurangan dengan mengurangi volume beton,” tandasnya.

Sementara, Ketua Konsultan, Barli, pada Peningkatan dan Pelebaran Warung Satu Tambelang Paket 9, enggan memberikan komentar saat diwawancarai.

“Saya no komen, nanti saja kita lihat dicore drill (pengambilan sampel),” singkat Barli

Perlu diketahui, Peningkatan dan Pelebaran Warung Satu Tambelang Paket 9 dikerjakan oleh CV. Gabus Mandiri dengan Pagu Rp. 500 juta dan berhasil memenangkan tender dengan harga penawaran Rp. 462.543.397,36.

Tambahan, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi sedang melakukan perbaikan jalan khususnya di jalan penyambung Kecamatan Sukatani dengan Tambelang. Perbaikan jalan tersebut dibagi menjadi 20 paket kegiatan dengan judul Peningkatan dan Pelebaran Warung Satu Tambelang. Ditenderkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bekasi. (Fery)

1 KOMENTAR

  1. Sejak kapan konsultan ngurusin kerjaan lapangan. Wkwkwkwkwk…..
    No bukti hoax.
    Plterlalu pintar amat nih yg bikin berita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here