Sukabumi.- Diduga komplotan pencurian tiang kabel milik PT. Indosat tepatnya di jalan Batu Sapi sampai jalan Leumpeung Citarik berhasil diamankan anggota Polsek Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (07/12/2020).

Komplotan pencuri spesialis tiang kabel milik PT. Indosat yang berjumlah 8 orang itu 4 diantaranya diamankan Polsek Pelabuhan Ratu sedangkan 4 lainnya berhasil melarikan diri.

Penangkapan komplotan pencuri ini atas laporan dari masyarakat setempat bahwa salah satu seorang warga sebut saja doni mencurigai dengan tidak biasanya seorang karyawan melakukan pekerjaannya di tengah malam.

Saat dimintai keterangannya Doni mengatakan, “saya sehabis bergadang dari rumah teman tepatnya di Kampung Tonjong tidak jauh dari lokasi dimana si komplotan pencuri itu beraksi, dalam perjalanan mau arah pulang tiba-tiba saya melihat sekelompok orang yang sedang bekerja membongkar tiang kabel, dan dimuat keatas truk, kira-kira berjumlahkan 8 orang termasuk sopir truk. Namun ada keganjilan, seorang karyawan atau seorang pekerja melakukan pekerjaannya pada tengah malam,” ungkap Doni.

Saya mencurigai dan langsung menelpon ke bagian supervisor pemasangan tiang kabel milik PT. Indosat kebetulan saya kenal. Masih kata Doni, selang beberapa menit pak supervisor datang menghampiri dan menanyakan komplotan pencuri itu. “Kamu disuruh siapa kok tiang-tiang yang baru saya pasang kenapa di bongkar lagi,” kata supervisor yang bernama Ridwan.

Kemudian dirinya segera melaporkan ke Polsek, untuk kerugian di taksir sekitar Rp.50.000.000.

15 menit kemudian kira-kira 6 anggota dari Polsek Pelabuhan Ratu, dengan mengendarai 2 unit mobil membawa dan mengamankan komplotan pencuri spesialis tiang kabel milik PT. Indosat untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

modus pencuri tiang kabel itu dengan berpura-pura menjadi pekerja dengan mengambil tiang besi dengan cara menggali tanah dan menghancurkan cor beton pada bagian dasar.

Adapun barang bukti yang diamankan 1 unit mobil truk No.Pol, B.9649 W**, 2 batang tiang kabel, tangga terbuat dari bambu dan linggis. (Ajid)