Komisi III Desak PT Tekindo Secepatnya Sampaikan Hasil Uji Lab

0
452

INAPOS HALTENG – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Provinsi Maluku Utara (Malut) mendesak PT Energi Tekindo melaporkan hasil Uji Laboratorium ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halteng.

Pasalnya waktu yang diberikan kepada PT Tekindo untuk melakukan hasil uji baku air selama 21 hari namun Samapi saat ini waktunya telah berakhir dan PT Tekindo belum juga melaporkan hasil Uji baku ke DLH

” Seharusnya PT Tekindo sudah melaporkan hasil uji baku air ke pihak DLH agar dari hasil uji tersebut DLH sampaikan ke DPRD untuk ditindaklanjuti, ” Ungkap ketua Komisi III DPRD Halteng Aswar Salim saat dikonfirmasi melalui via Handphone Seluler pada Kamis (23/01/2020).

Menurutnya, pembuangan ore kelaut yang dilakukan PT Tekindo belum bisa dipastikan apakah merusak biota laut tidak, nanti hasil uji yang menjawab. ” Kita serahkan kepada hasil uji laboratorium apakah hasilnya seperti apa nanti kita sama-sama melihat hasil uji tersebut, ” Ujarnya.

Aswar bilang, walaupun hasil Uji Laboratorium diuji oleh lembaga pemerintah, tetapi harus ada kontrol langsung dari pihak DLH sehingga tidak ada kecurigaan atas hasil uji tersebut.

” Jangan membiarkan PT Tekindo sendiri melakukan uji laboratorium walaupun hasil uji tersebut diuji oleh lembaga pemerintah, tetapi harus ada kontrol langsung dari DLH agar tidak ada kecurigaan terhadap hasil uji tersebut, ” Pungkasnya.

Sekedar diketahui pembuangan hasil ore oleh PT Tekindo diduga telah dilakukan berulang kali sejak tambang nikel beroperasi. (Min)