Kodim 0913/PPU Gelar Komsos Kreatif

0
133

PENAJAM.- Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif yang digelar seluruh jajaran TNI AD melalui lomba lukis, Para pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA baik negeri maupun swasta di Penajam Paser Utara antusias dalam menyemarakkan lomba lukis yang digelar Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Jalan provinsi km. 9 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara Prov Kaltim, Senin (10/9/2018).

 

Lomba lukis itu sendiri bertema “Melalui Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Perkokoh Kedaulatan NKRI’. Seperti yang diungkapkan Komandan Kodim 0913/PPU, Letkol Inf mahmud menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba lukis sebagai ajang silaturrahmi antara masyarakat dengan keluarga Kodim 0913/PPU. Selain itu, sebagai tugas dalam rangka pembinaan teritorial diantaranya melalui metode komsos.

“Melalui kegiatan melukis ini diharapkan dapat menggali potensi yang dimiliki para pelajar, dimana mereka dapat menuangkan ekspresinya di atas kanvas secara kreatif sehingga menghasilkan karya yang luar biasa,” terang Dandim.

Dandim juga menegaskan, para pemenang nantinya akan diutus dalam event serupa namun dalam tingkat yang lebih tinggi yaitu Korem, Kodam hingga ke Mabesad. “Anak-anak yang juara dalam lomba lukis akan kita utus pada ajang yang lebih tinggi lagi nantinya. Bila nanti di tingkat Korem menang langsung dilombakan di tingkat Kodam dan terakhir ke Mabes AD,” katanya mengakhiri.

Dandim juga berharap kedepannya kegiatan-kegiatan kreatif seperti lomba lukis maupun lainnya bisa terus dilakukan, karena itu penting dalam menjalin komunikasi sosial antara TNI dan rakyat.

Ditempat yang sama, salah satu guru pendamping muridnya Abdullah mengaku senang dan mengapresiasi lomba lukis yang digelar Kodim 0913/PPU, “Hal yang sangat baik untuk mengembangkan bakat para generasi muda atau pelukis pemula untuk mengantarkan remaja sebagai pelukis profesional,” ujarnya.

Sedangkan Tim pemenang tingkat SMP, sebagai juara I dengan nilai 516, Ayudin Putri dari SMPN 1 PPU, Juara II dengan nilai 498 Nashwa Risda dari SMP N 5 PPU, Juara III dengan nilai 456 Wiwin Saputro dari MTS Binaul Muhajirin PPU dan Juara IV dengan nilai 438 dari SMPN 8 PPU. Ulfa Khairunisa.

Tingkat SMA untuk Juara I dengan nilai 526, Nurul Fitri dari MA Binaul Muhajirin PPU, Juara II dengan nilai 524, Choirul Rasyid dari MA Binaul Muhajirin PPU, Juara III dengan nilai 516, Tegar Wahyudi dari SMA N 2 PPU dan Juara IV dengan nilai 475, Aris Sartika dari SMK Muhammadiyah 2 PPU.

Dalam penilaian lukisan yang perlu diperhatikan dalam lomba kali ini antara lain, unsur garis, artistik, bentuk, dimensi, warna, dan tekstur.

“Unsur-unsur dalam seni lukis inilah yang bisa memilih lukisan mana yang mempunyai nilai estetika dan kepuasan bagi yang melihatnya,” ujar Abdullah yang merupakan guru seni rupa dari SMPN 17 PPU.

Saya mengaku senang dan berharap kedepannya kegiatan ini bisa ditingkatkan lagi agar generasi muda ini dapat tergerak untuk menjadikan seni lukisan sebagai minat bakat mereka.

“Saat ini bisa dilihat dimana banyak para pelajar ikut dalam lomba seni lukis yang diadakan Kodim 0913/PPU Ini bisa mempermudah kami dalam mencari bibit unggul bagi mereka yang punya kreatifitas dalam berkarya khususnya dalam menggambar lukisan,” singkatnya. (Red/Penrem 091 ASN)


Komentar Anda?