KKP Berikan Bantuan Ribuan Benih dan Dana Kepada Nelayan Wilayah III Cirebon

0
356

INAPOS, KOTA CIREBON. – Kunjungan Kerja Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) di Kota Cirebon disambut baik oleh nelayan se Wilayah 3 Cirebon. 

Acara tersebut dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Kejawanan Kota Cirebon. Kamis (12/10).
Hadir dalam acara tersebut Dirjen Perikanan Tangkap Syarif Wijaya, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, Walikota Cirebon Nasrudin Azis, SH
Perwakilan Bupati Cirebon, perwakilan Bupati Indramyu, Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu, serta para Nelayan se Wilayah 3 Cirebon.
Dalam acara tersebut Kementrian Kelautan Dan Perikanan Direktorat Perikanan Tangkap memberikan bantuan kepada nelayan se Wilayah 3 Cirebon. Adapun beberapa bantuan tersebut diantaranya bantuan alat tangkap yang tidak diperbolehkan diganti dengan alat tangkap ramah lingkungan, santunan klaim asuransi nelayan sebesar Rp. 160 juta, bantuan geray permodalan nelayan atau Gemonel dari Bank BRI sebesar Rp. 500 juta, bantuan penyerahan benih Ikan Bandeng sebanyak 100. ribu ekor, benih ikan lele sebanyak 50 ribu ekor serta kartu asuransi nelayan.
Walikota Cirebon Nasrudin Aziz, SH mengatakan Terima kasih telah menunjuk kota cirebon sebagai tempat bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan buat nelayan.
Sementara itu Direktorat Perikanan Tangkap, Syarif Wijaya menjelaskan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia, pemerintah pusat menugaskan khusus Kementrian Kelautan Dan Perikanan untuk meyakinkan bahwa laut adalah masa depan bangsa. Hal ini dapat di terjemahkan menjadi tiga pilar diantaranya, kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.
Ia menambahkan stok ikan nasional pada tahun 2013 adalah 6,5 juta ton setelah dilakukan reset sampai saat ini stok ikan menjadi 12.5 juta ton. Jelasnya.
Selanjutnya Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar dalam sambutannya mengatakan, bahwa Indonesia ini 75% adalah laut.
“Kita wajib menjaga kedaulatan laut karena laut merupakan sumber kekayaan bangsa ini. Dan terlebih lagi kekayaan laut harus kita jaga dari kapal kapal asing yang ingin mengeruk keuntungan dari negara kita”, tutupnya. (Kris)