KH. Maman Imanul Haq Minta Keraton Pegang Teguh Komitmen Nasionalisme Jaga Keutuhan NKRI

0
177

KOTA CIREBON.- Anggota Komisi VIII DPR RI KH. Maman Imanul Haq meminta keraton – keraton yang ada di Nusantara untuk memegang teguh komitmen nasionalisme dalam menjaga keutuhan NKRI.

Menurutnya Keraton Kasepuhan lebih proaktif menanamkan spirit Sunan Gunung Jati dalam semua sendi masyarakat Cirebon.

“Keraton bukan hanya symbol budaya, tapi harus jadi ruh bagi gerak aktifitas masyarakat Cirebon di segala sendi kehidupan. Saya yakin Sultan yang baru akan proaktif menanamkan spirit Syeikh Syarif Hidayatullah dan bersinergi dengan semua kalangan,” tegas Anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini usai menghadiri Jumenengan Sultan Sepuh XV di Keraton Kasepuhan, Minggu (30/8/20).

Pria yang juga Deklarator KITA, Kerapatan Tanah Air Indonesia, ini menegaskan bahwa KITA sangat mendukung upaya Keraton untuk bergerak bersama menggali peradaban Nusantara yang kaya dan beragam, yang kemudian sijadikan energo bagi terwujudnya Indobesia yang adil dan beradab.

Sementara itu, menanggapi permintaan Sultan Sepuh ke XV PRA Luqman Zulkaedin, KH Maman Imanulhaq mengatakan DPR RI akan terus menggagas dan memperjuangkan regulasi soal ketahanan keraton.

Ditempat yang sama, Gusti Kanjeng Ratu Hemas berharap Pangeran Raja Adipati Luqman Zulkaedin yang baru dinobatkan menjadi Sultan Sepuh ke-XV dapat menjalankan tugasnya sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan dengan baik.

“Mudah-mudahan Cirebon layaknya Yogya, sehingga kehadiran sultan bukan hanya simbol, akan tetapi ruh dan gerakan Kesultanan Cirebon,” pungkasnya. (Kris)