Ketum M-34 Apresiasi Langkah Presiden Reshuffle Menteri

0
82

Jakarta.- Keputusan final reshuffle terhadap enam jajaran Menteri telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Hal itu dapat respon positif dari Ketua Umum Militan-34 (M-34), Dr. Anwar Husin menurutnya reshuffle 6 Menteri serta 5 Wamen sudah sangat tepat dan sangat urgent harus diisi sama orang-orang yang betul memahami situasi.

“Terlebih saat ini dimana situasi pandemi Covid-19 Indonesia perlu pembantu-pembantu Presiden yang benar-benar memahami dan siap membantu meringankan beban Presiden RI dalam Kabinet Indonesia Maju,” kata Anwar saat dimintai tanggapannya, Kamis (24/12/2020).

Keenam nama yang diumumkan Jokowi sebagai pembantu barunya yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama yaitu Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Reshuffle kabinet, sambung Dr. Anwar, yang dilakukan yaitu ditujukan untuk membersihkan kabinet dari para pejabat yang kurang menunjukkan kinerja, apalagi sebelumnya ada 2 Menteri yang di OTT KPK.

“Hal itu harus menjadi pelajaran berharga, dengan memastikan sisa masa jabatan empat tahun kedepan tak ada lagi Menteri ataupun aparatur pemerintah yang tersangkut kasus korupsi,” ujarnya.

Dan dapat dijadikan momentum perbaikan kinerja suatu kelembagaan negara pada Kabinet Indonesia Maju. Kerja kelembagaan negara bukan soal individu ataupun kelompok, melainkan bicara soal kerakyatan yang mesti dijadikan dasar komitmen dalam bekerja. (El)