Kesbangpol Berikan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara

0
541

KOTA CIREBON.- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cirebon gelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara yang dilangsungkan di Makodim 0614/Kota Cirebon, Jl. Pemuda Kota Cirebon, Selasa (26/3).

Adapun kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dan di ikuti oleh 50 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari Ormas, LSM, Organisasi Kepemudaan, Perguruan Tinggi dan Akademisi, dengan mengangkat tema “Melalui Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Kita Tingkatkan Nilai-Nilai Perjuangan Bangsa Indonesia Untuk Menuju Manusia Yang Bermartabat.”
Kepala Kesbangpol Kota Cirebon melalui Kasi Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Drs. H. Rokila mengatakan, Bela negara ini merupakan suatu tupoksi Kesbangpol yang salah salah satunya sebagai amanat sesuai dengan SOTK Kesbangpol untuk memberikan pendidikan pelatihan Bela Negara.

“Karena ini merupakan salah satu hak untuk masyarakat wajib mengikuti bela negara
sesuai dengan UU no. 3 2003 Tentang Pertahanan Negara dan Permendagri no 38 Tahun 2011 Tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Daerah,” ujar H. Rokila disela-sela kegiatan.
H. Rokila menjelaskan, dikalangan masyarakat dan perguruan tinggi masih banyak yang belum diberikan muatan pendidikan pelatihan bela negara. Untuk itu, Kesbangpol sebagai tupoksinya memberikan pencerahan dan pembekalan untuk pendidikan bela negara ini.
“Tujuannya ialah untuk meningkatkan pemahaman Empat Pilar Wawasan Kebangsaan. Jangan sampai kita terlena, mengenal kembali tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Ini merupakan suatu keutuhan negara yang harus bener dipedomani untuk masyarakat,” jelasnya.
Ia berharap, agar peserta bisa memahami membekali dan bisa memberikan suri tauladan menghadapi kehidupan di masyarakat.
“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya di pemerintahan saja, bisa ditindak lanjuti di perguruan tinggi sebagai maupun yang berkaitan dengan kegiatan ini,” pungkasnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0614/Kota Cirebon, perwakilan Polres Ciko yang sekaligus sebagai number pada kegiatan ini. (Kris)


Komentar Anda?