Kepala BBWS Cimancis Siapkan Langkah Konkrit Hadapi Musim Penghujan

0
276

KOTA CIREBON.-  Menghadapi musim penghujan, Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung akan melakukan langkah-langkah kongkrit untuk menanggulangi bencana yang akan terjadi.

 

Hal  tersebut dikemukakan Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Happy Mulya kepada awak media disela-sela acara pengukuhan TKPSDA WS Cimancis, disalah satu hotel di Kota Cirebon, Senin (26/11).

“Untuk itu, kami akan menginventarisasi alat mulai dari eksavator, pompa, penyediaan karung tanah,” kata Happy.

Penanggulangan bencana ini bukan hanya BBWS Cimancis saja, akan tetapi harus disuport oleh lintas sektoral dan yang lebih penting lagi adalah masyarakat.

“Penanggulan ini kami libatkan dari mulai BMKG, BPBD, bidang OP BBWS Cimancis sendiri, dan masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Happy, permasalahan bencana banjir, tanah longsor, tebing yang sudah rusak banyak disebabkan oleh alih fungsi lahan yang tidak semestinya.

Dirinya mencontohkan, di Kuningan yang dulunya kawasan hutan lindung berubah menjadi tanaman sayur-sayuran yang mempunyai akar lunak.

“Ini yang menyebabkan dikala hujan turun gampang banjir dan membawa sedemintasi yang cukup tinggi, contohnya banjir di Garut pada 2016 membawa 57 juta m3 sedimen,” jelasnya.

Happy menambahkan, untuk daya tampung normal, debit maksimum 1001m3 sedangkan untuk terendah ada di 41m3/detik dengan rasio 257. (Kris)