Kepala BBWS CimanCis : Ada 579 Titik Tanggul Kritis

0
346

KABUPATEN CIREBON.- Sepanjang aliran Sungai Cimanuk-Cisanggarung terdapat 579 titik tanggul kritis yang bisa jebol saat musibah banjir datang. 

“Kami sudah melakukan penelusuran, terdapat 170 titik tanggul yang sudah berat kritisnya, jadi kami harus membangun tanggul-tanggul ini,” ucap Kepala Balai Besar Wilayah (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung Happy Mulya, ME saat ditemui disela-sela kunjungan ke Sungai Cisanggarung, Rabu (14/11).
Untuk kategori tingkat kerusakannya, Happy mengatakan kerusakan ini akan disesuaikan menjadi tiga, yakni kategori berat, sedang dan ringan.
“Jika kerusakannya ringan, maka hanya ditangani dengan Bio Engenering (Karung Pasir) yang akan ditanami tanaman yang akarnya kuat dan cepat tumbuh,” kata Happy.
Ia menambahkan, jika semua sungai mengalami kerusakan, pihaknya tidak akan semua ditangani dengan betonisasi dan perbaikan-perbaikan.
“Tahun ini (2018-red) ada dua paket kegiatan pembangunan tanggul tebing yang ada di sungai cisanggarung, progres sudah mencapai 82 dan 62 persen, dan itu akan kami selesaikan tahun ini, pungkasnya. (Kris)