Kembangkan Seni dan Budaya Pada Siswa

0
201

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendukung pembinaan siswa dengan kemampuan seni dan budaya sehingga memiliki keunggulan. Siswa yang memiiki kemampuan seni selain menjaga budaya bangsa juga memiliki karakter.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai membuka Resital seni budaya Nusantara, Bazzar kuliner dan pameran pendidikan dalam rangka uji kompetensi siswa kelas IX dan VII di SMPN 4 Kota Cirebon, Sabtu (2/2).

Eti menambahkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberikan apresiasi terhadap sekolah yang terus mengembangkan seni budaya kepada siswanya.

“Cirebon ini gudang seni dan budaya. Seni dan Budaya Cirebon sangat bagus dan banyak mendapat apresiasi baik wisatawan dalam dan luar negeri. Mari kita mengajak untuk menggali termasuk para siswa,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pelajar yang memiliki jiwa seni sebagian besar tentu berkarakter. Dia akan lebih mudah bergaul dan berorganisasi karena memiliki jiwa yang lebih luwes serta keberanian tampil. Dengan kemampuan tersebut tentu akan menjadi keunggulan bagi dia terutama bila berada di masyarakat.

“Tentu harapan kami sekolah akan mengembangkan seni dan budaya dalam organisasi ekstrakurikuler. Saya salut dengan SMPN 4 dan sekolah lain yang mengembangkan seni dan budaya terutama menjunjung kearifan lokal Cirebon,” tandasnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Adin Imanudin Nur mengatakan luar biasa dengan penampilan siswa SMPN 4 Kota Cirebon. Mereka dapat memanfaatkan panggung yang disediakan sekolah untuk berkreasi dengan kemampuannya.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi semua untuk berprestasi termasuk seni budaya. Pelajar yang memiliki jiwa seni akan berfungsi ganda yakni pembelajaran bagi dirinya sendiri selain menciptaan pasar serta gairah berkesenian. Selain tentunya menghibur masyarakat,” kata Adin.

Tampak siswa SMPN 4 tampil apik dalam berbagai penampilan seni di acara tersebut. Beberapa tari daerah sempat ditampilkan antara lain tari Kecak dan tari Jaka Tarub. Kedua tari tersebut ternyata melibatkan 508 siswa. Diantara acara juga dilaunching sebuah buka karya siswa dan guru yakni “Bangunlah jiwanya bangunlah badannya”.

Kepala SMPN 4 Cirebon, Hj. Sumiyati mengatakan kegiatan merupakan uji kompetensi ini untuk mengenalkan seni budaya yang ada. Siswa dalam pembelajarannya diberikan pendidikan seni yang tentunya membina mereka untuk memiliki karakter.

“Kami tentu sejalan dengan program Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang mengembangkan seni dan budaya untuk mendukung pariwisata. Ini akan menjaga budaya daerah dan nasional,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?