Keluarga Besar Kesultanan Cirebon Tolak Penobatan Luqman Zulkaedin Menjadi Sultan Kasepuhan ke XV

0
340

KABUPATEN CIREBON.- Keluarga besar Kesultanan Cirebon secara resmi menolak dinobatkannya PRA Luqman Zulkaedin anak kedua almarhum Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat menjadi Sultan Kasepuhan ke XV.

Adapun Keluarga besar Kesultanan Cirebon berasal dari Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Mertasinga.

Penolakan tersebut atas dasar bahwa keturunan almarhum Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, bukan keturunan langsung Syech Syarief Hidayatullah Sunan Gunung Jati.

Juru bicara Keluarga Besar Kesultanan Cirebon Pangeran Patih Tomi mengatakan, sejarah Cirebon Peteng sudah dibuka, maka sudah menjadi kewajiban anak cucu Sunan Gunung Jati, untuk meluruskan garis keturunan langsung.

“Ini sudah menjadi kewajiban kami untuk meluruskan sejarah keturunan Sunan Gunung Jati. Dan saat ini waktunya sejarah Cirebon Peteng kami buka,” tuturnya saat jumpa press di komplek pemakaman Sunan Gunung Jati Cirebon, Selasa (25/8/20) malam.

Masih kata Pangeran Patih Tomi, Keluarga Besar Kesultanan Cirebon, tidak bertanggung jawab atas penobatan Luqman Zulakaedin sebagai Sultan Kasepuhan, karena bukan keturunan Sunan Gunung Jati.

“Kami tidak bertanggung jawab, karena yang bersangkutan bukan Nasab atau keturunan langsung Sunan Gunung Jati,” jelasnya.

Ia menambahkan, Keluarga Besar Kesultanan Cirebon meminta kepada Pemerintah Republik Indonesia, untuk tidak terlibat dan tidak berpihak dalam urusan internal keluarga besar Kesultanan Cirebon. (Kris)