Pengadilan Dan Kejari Bungo Gelar Sidang Online Telekonferensi Tiga Lokasi Berbeda

0
138

MUARABUNGO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bungo gelar sidang secara online (daring) melalui video conference di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bungo Bimo Budi Hartono melalui Kasi Pidum Dani K. Daulay mengatakan, sidang pidana daring itu mulai perdana dilakukan Selasa (31/3) melalui aplikasi.

“Sidang tadi di mulai pukul 11.00 wib ada delapan perkara pidana umum. Persidangan berjalan lancar tanpa hambatan,” ungkap Daulay, Kasi Pidum Kejari Bungo.

Selama proses persidangan, para hakim, jaksa penuntut umum (JPU) dan terdakwa berada di tiga tempat berbeda.

“Mereka terhubung melalui aplikasi. Untuk para hakim berada di ruang sidang pengadilan, kemudian JPU di aula Kejaksaan Negeri dan para terdakwa mereka tetap berada di lapas,” kata Daulay, kepada inapos.com Selasa (31/3).

Daulay menyebut tantangan terbesar dalam sidang daring tersebut yakni membangun komunikasinya dengan Pengadilan Negeri dan Lapas. Sebab koordinasinya antar instansi. Sejauh ini, jaringan bagus ada sesekali terjadi gangguan.

“Selama prosesnya lancar dan kondusif,” ungkapnya.

Sidang melalui video conference akan hingga situasi kembali kondusif. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Tidak ada target, selama pencegahan akan terus kita langsungkan. Tetapi kalau situasi sudah kondusif maka persidangan akan kembali normal,” tutupya.

(Rena)