Kejari Batang Musnahkan BB selama 1 Tahun

0
112

INAPOS, BATANG,- Beberapa barang bukti (BB) perkara tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (Inkracht) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang , akhirnya dilakukan pemusnahan dengan lokasi di halaman belakang kantor Kejari Batang.

Pemusnahan BB yang dilakukan pada hari Senin (5/04/2021) merupakan BB hasil selama 1 (satu) tahun dari bulan Januari 2020 s/d Maret 2021 sebanyak 78 perkara dengan perincian sebagai berikut : Sabu dengan berat 62,831088 gram dan 6 paket. Ganja dengan berat 1.027,20343 gram dan 2 paket. Obat-obatan jenis hexymer sebanyak 869 butir, pil Y sebanyak 567 butir, Dextro sebanyak 5,829 butir, Alprazolam sebanyak 10 butir dan Inex sebanyak 4 butir.

“Pemusnahan barang bukti yang telah Inkracht ini sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 270 KUHAP yaitu melaksanakan tugas dan wewenang Kejaksaan di bidang tindak pidana umum sebagaimana diamanatkan dalam pasal 30 ayat (1) huruf b Undang-undang No. 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI,” terang Sri Wulandari. S.H selaku Kasie BB Kejari Batang.

Masih menurut Sri, tujuan pemusnahan BB tersebut agar tidak menumpuk. “BB ini agar juga tidak hilang dan agar tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Acara ini dihadiri pula oleh Bupati Kabupaten Batang, Ketua DPRD Kab Batang, Ketua PN Batang, Kepala Kepolisian Resor Batang, Komandan Distrik Militer 0736 Batang, Kepala Rumah Tahanan Kabupaten Batang, Kepala Badan Narkotika Kabupaten Batang, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Batang, dan Kepala Bea Cukai Kota Tegal.

“Bahwa dengan adanya kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut diharapkan tingkat kejahatan akan berkurang sehingga keadaan dan situasi di wilayah hukum Kejari Batang menjadi aman, tentram dan kondusif. Sedangkan untuk perkara tindak pidana khusus barang bukti yang dimusnahkan berupa cukai rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) merk Luffman Classic Mild Bold yang tidak dilekati pita cukai dengan jumlah 780.000 batang”, tutup Sri. (Red/Cep’s)