Kebesaran Indonesia Sebagai Negara Maritim Harus Ditindaklanjuti Sebagai Momentum Kebangkitan Bangsa

0
240

JAKARTA, INAPOS – Kebesaran Indonesia sebagai Negara Maritim harus ditindaklanjuti sebagai momentum kebangkitan bangsa yang pernah jaya di laut. Semangatnya kita dukung untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Pernyataan Presiden RI Joko Widodo saat dilantik menjadi Presiden RI tersebut, ditekankan kembali oleh Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal)  Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Potensi Maritim (Potmar) Tahun 2019 bertempat di Auditorium Denma Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (19/2). 

Rakor dan Rakernis Potmar bertemakan “Melalui Rakor dan Rakernis Potmar Kita Wujudkan TNI AL Yang Profesional, Loyal, Manunggal Dengan Rakyat dan Siap Mendukung Tugas Pokok TNI”. Tema ini sejalan dengan penekanan Panglima TNI agar kemanunggalan TNI dan rakyat bukan hanya sekedar “Jargon” tetapi menjadi program dan kegiatan yang membumi, mendekatkan diri ke masyarakat sehingga tercipta simbiosis mutualisme antara TNI dan Rakyat”.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 19 sampai 20 Februari 2019 dan diikuti lebih kurang 180 peserta yang terdiri dari para pejabat jajaran potensi maritim seluruh satuan, Satkowil dan Satnonkowil seluruh Indonesia.

Dalam amanatnya Aspotmar Kasal mengatakan bahwa tugas Spotmar TNI AL adalah melaksanakan kajian, merumuskan dan mengawasi kegiatan Dawilhanla yang meliputi ketahanan wilayah maritim, komunikasi sosial maritim serta bhakti TNI AL. Dari tugas-tugas tersebut kita dapat menentukan wilayah-wilayah sesuai prediksi antara lain wilayah perbatasan, daerah bencana alam atau daerah konflik yang nantinya  akan menjadi ruang alat kondisi juang yang tangguh, sehingga dapat mewujudkan kekuatan pertahanan dan keamanan negara.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Spotmar telah melaksanakan beberapa kegiatan yang terlaksana dengan baik dan lancar yakni, Rencana Rinci Wilayah Pertahanan Laut, Penanggulangan Bencana Alam, Melaksanakan Sinergitas dengan Kementerian dan Lembaga serta Pelibatan Spotmar dalam Latihan Armada Jaya (AJ) 2019.

Panitia dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa pemapar antara lain Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut (Aspam Kasal) Laksamana Muda TNI S. Irawan, S.E., dengan topik “Pokok-pokok Kebijakan Staf Pengamanan Kasal dalam mendukung Program dan kegiatan Spotmar Kasal TA 2019”, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setyono, S.E., M.M., dengan topi.k “Pokok-pokok Kebijakan Staf Umum Operasi Kasal dalam mendukung Program dan kegiatan Spotmar TA 2019 serta Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc dengan topik “Pokok-pokok Kebijakan Staf Personel Kasal dalam mendukung Program dan kegiatan Spotmar Kasal TA 2019.(pen)


Komentar Anda?