Rabu, Juni 19, 2024

Kartini Pelayaran Pertama Indonesia Diluncurkan

Date:

Share post:

KOTA CIREBON.- Dalam rangka memperingati Hari Kartini, telah dilaksanakan peluncuran awak kapal pertama yang seluruhnya merupakan wanita didermaga Muara Jati Pelindo II Cabang Cirebon. Sabtu (21/4).

Sebagaimana diketahui, profesi awak kapal sangat identik dengan profesi Pria, peluncuran awak wanita ini merupakan sejarah tersendiri bagi dunia pelayaran indonesia. Dengan peluncuran ini, PSL Baldwin akan sepenuhnya diawaki oleh kartini – kartini pelayaran Indonesia.
Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari KSOP kelas II Cirebon, General Manager Pelindo II Cabang Cirebon, Pertamina,  INSA, IFMA, akademi maritim yang ada di Cirebon, serta tamu undangan lainnya.
Menurut General Manager PT. Pelindo II cabang Cirebon Sholikin, PSL Baldwin ini adalah merupakan sebuah sejarah di indonesia karena semua Awak kapal diisi oleh wanita.
“Ini sejarah di Indonesia, PSL Baldwin ini diisi semua oleh wanita begitu juga dengan Analisanya” tuturnya.
Ditempat yang sama, Ketua Umum Indonesian Female Mariner (IFMA), Kapten Suarniati MA, M.Mar., mengatakan, IFMA akan terus berjuang agar para pelaut wanita Indonesia tidak didiskriminasikan.
“Dari kenyataan dilapangan, kemampuan pelaut wanita bisa melebihi para pelaut pria, seperti kredibilitas, loyalitas para pelaut cukup tinggi,” jelas sang kapten.
Pada peluncuran kali ini turut hadir pula Nakhoda Wanita Indonesia pertama, Kapten. Entin Kartini.
Selanjutnya PSL Baldwin akan digunakan untuk mendukung kegiatan PT. Pertamina dengan membawa material, crew, dan supply dari Balongan ke lokasi pengeboran offshore. (Kris)
spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...