Kapsul SpaceX dengan 4 Astronot Mencapai Stasiun Luar Angkasa

0
179

CAPE CANAVERAL, Kapsul SpaceX yang baru diluncurkan bersama empat astronot didalamnya tiba hari Senin di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan sebagai rumah baru mereka hingga musim semi.

Dilansir dari APNews, Selasa (17/11/2020) Kapsul SpaceX atau disebut Kapsul Naga ini berhenti dan berlabuh pada Senin malam, setelah 27 jam penerbangan otomatis dari Pusat Antariksa Kennedy NASA. Hubungan itu terjadi 262 mil (422 kilometer) di atas Idaho.

“Oh, suara yang bagus untuk didengar,” astronot stasiun luar angkasa Kate Rubins berseru ketika komandan Naga, Mike Hopkins, pertama kali melakukan kontak radio.

Ini adalah misi astronot kedua untuk SpaceX. Tapi ini pertama kalinya perusahaan Elon Musk mengirimkan kru untuk tinggal di stasiun selama setengah tahun penuh. Uji terbang dua pilot awal tahun ini berlangsung selama dua bulan.

Tiga orang Amerika dan satu astronot Jepang akan tetap berada di lab yang mengorbit sampai pengganti mereka tiba di Naga lain pada bulan April. Dan begitulah, dengan SpaceX – dan akhirnya Boeing – mengangkut astronot ke dan dari stasiun untuk NASA.

Layanan taksi reguler ini dimulai dengan peluncuran Minggu malam. Hopkins dan krunya – Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi Jepang – bergabung dengan dua orang Rusia dan satu orang Amerika yang terbang ke stasiun luar angkasa bulan lalu dari Kazakhstan. Glover adalah orang Afrika-Amerika pertama yang pindah untuk jangka panjang. Seorang pendatang baru luar angkasa, Glover diberikan pin astronot emasnya pada hari Senin. (Red/AP)