Kapolres Majalengka Bersama Muspika Kadipaten Cek Kesiapan Akhir Launching Desa Tangguh

0
186

MAJALENGKA.- Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso bersama Muspika Kadipaten melakukan pengecekan Desa Liangjulang yang dijadikan sebagai salah satu desa tangguh.

Kapolres mengatakan, Desa Liangjulang tersebut dijadikan sebagai desa tangguh masuk salah satunya dari 26 Kecamatan Kabupaten Majalengka akan dilaksanakan Launching 36 Desa Tangguh Majalengka Raharja.

“Kita bersama Muspika Kadipaten sengaja melakukan pengecekan kesiapan terakhir, sebelum kita serahkan penilian ke Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Polda Jawa Barat,” kata Bismo.

Ia membeberkan, untuk ketahanan pangan di Desa Liangjulang ini ada kriterianya, yakni Gudang sembako Covid-19, Dapur Umum Cegah Covid-19, Poskesdes Cegah Covid-19, ternak Kambing, home industri, ruang Isolasi lawan Covid-19 dan ketahanan pangan.

“Kemudian rata – rata masyarakat mempunyai ternak ada pemeliharan ikan dengan sistem spornet. Dengan adanya desa tangguh paling tidak masyarakat bisa bertahan dengan potensi yang sudah dimiliki,” bebernya.

Lanjut Bismo, untuk tanaman sayuran cabe, Kangkung, serta apotek hidup rata-rata di Desa Liangjulang ini sudah ada karena di sini ada Gakpoktan (Gabungan Kelompok Tani).

Selanjutnya, terkait desa tahan Covid-19, masuk ke desa ini hanya diberlakukan satu pintu melalui posko yang telah dibuat. Semuanya wajib melewati posko Covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan.

Di Posko tersebut, sebelum masuk kedalam desa, juga wajib menggunakan masker, cuci tangan dan dicek suhu tubuh.

“Kita berharap Desa Liangjulang ini bisa menginspirasi desa yang lain khsususnya agar bisa menjadi desa tahan pangan dan tahan Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Liangjulang Ujang Tata mengucapkan terima kasih kepada Polres Majalengka yang telah menunjuk langsung sebagai desa tangguh yang kemudian diikutsertakan pada Launching Desa Tangguh Majalengka Raharja. (Kris)