Inapos.com Kukar – Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Kutai Kartanegara, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan mendadak itu, sempat membuat para personil yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Kukar terkejut.

Dalam kesempatan itu, AKBP Hari langsung mendatangi dan memeriksa satu demi satu ruangan pelayanan.

Tak hanya itu AKBP Hari juga sempat berdialog atau berkomunikasi langsung dengan pemohon SIM sambil menanyakan terkait pelayanan pembuatan SIM.

Kepada personelnya, AKBP Hari menekankan agar dalam pelaksanaan tugasnya, polisi bukan dilayani, tetapi harus menjadi pelayan bagi masyarakat.

“Bukan hanya Kapolres atau Kasat yang bisa mengawasi kalian semua, namun saat ini masyarakat juga bisa mengawasi kinerja kita sekalian,” ucapnya.

Kapolres Kukar juga melakukan pemeriksaan peralatan yang disediakan guna pengujian pemohon SIM, seperti alat simulator, komputer ujian online, pengambilan sinyalemen, serta pelaksanaan ujian praktek mengemudi, guna memastikan bahwa personil Polres Kukar melaksanakan tugas serta menjaga peralatan yang disediakan dengan baik.

Selain itu Kapolres juga menekankan, selama proses pelayanan di Kantor Satpas SIM tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak hanya pemohon SIM saja, namun petugaspun wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan meski Covid-19 mulai mereda.

Setelah melakukan sidak, Kapolres kepada seluruh petugas pelayanan penerbitan SIM dan Sat Lantas mengingatkan agar tidak main-main dalam pelaksanaan tugas termasuk tidak melakukan pungli.

“Untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, Satuan Lalu Lintas Polres Kukar harus bersih dari pungli, tidak ada lagi pemikiran-pemikiran polisi lama yang harus dilayani, namun mari lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan humanis,” kata Kapolres.(Red)