Kapolres Cirebon : 3 indikasi keberhasilan Pemilu yaitu Partisipasi tinggi, tahapan lancar dan angka sengketa Pemilu kecil

0
322

CIREBON – Polres Cirebon bersama stakeholder terkait menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2019 tingkat Kabupaten Cirebon di Hotel Verse, Sabtu (22/9/2018) siang.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto S.Ik M.Si saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan deklarasi pemilu damai 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Cirebon, Dandim 0620 Sumber, Ketua DPRD Kab Cirebon, Kaden C Pelopor Brimobda Jabar, Dandenpom 3/III Cirebon, Kajari Cirebon, Danden Pomal Lanal Cirebon, Komisioner KPU Kab Cirebon, Komisioner Panwaslu Kab Cirebon, Ketua MUI Kab Cirebon, Ketua FKUB Kab Cirebon, Kepala Dinas Instansi terkait, Ketua PBNU Kab Cirebon, Ketua Parpol Kab Cirebon, PJU Polres Cirebon, Kapolsek jajaran Polres Cirebon dan Danramil jajaran Kodim 0620, Camat Se Kabupaten Cirebon, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kab Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto S.Ik M.Si menyampaikan beberapa poin penting, antara lain mengajak semua peserta deklarasi damai untuk memanjatkan rasa syukur atas rakhmat dan ridha Allah SWT. “Momentum deklarasi damai ini dalam rangka Pemilu tahun 2019 yg aman, damai dan sejuk,” ungkapnya.

Kapolres menyampaikan, ada 3 indikasi keberhasilan Pemilu yaitu Partisipasi tinggi, tahapan lancar dan angka sengketa Pemilu kecil. “Untuk pertama kalinya, dilaksanakan Pileg dan Pilpres secara bersamaan dan serentak. Untuk itu, potensi kerawanan seperti seperti berita hoax, hate speech, dan terorisme harus diantisipasi,” jelas kapolres.

Untuk itu, Polres Cirebon dibantu TNI dan seluruh Stakehokder akan melaksanakan Ops Mantap Brata 2018 yang akan dilaksanakan selama 397 hari terhitung dari 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019. “Dan perlu diketahui, Polres Cirebon dan jajaran sudah berkomitmen netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Semoga Kegiatan Deklarasi ini sebagai titik awal untuk menciptakan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk,” harapnya.

Sementara itu, sambutan dari Ketua KPU, Dandim 0620 Sumber dan Kepala Kesbangpol yang mewakili Bupati menyampaikan ucapan terimakasih atas langkah – langkah yang telah dilakukan Polres Cirebon dalam tahapan Pemilu 2019 dan kesiapan pelaksanaan serta pengamanan Pileg dan Pilres 2019 di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan deklarasi bersama dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi damai yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon yang diikuti oleh Ketua KPU dan Ketua Partai. Selesai Deklarasi bersama dilanjutkan dengan pelaksanaan MOU Polres Cirebon dengan Gakkumdu, Forkopinda, KPU, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat. (Rils)