KAI Daop 3 Cirebon Bagikan Takjil Gratis

0
110

KOTA CIREBON.- Dalam rangka menyemarakan Bulan Ramadhan yang telah memasuki hari ke-16, PT KAI Daop 3 Cirebon menyelenggarakan kegiatan pemberian takjil gratis dengan stiker himbauan “Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan” kepada para penumpang KA di Stasiun Cirebon Prujakan.

Program pembagian takjil gratis ini dilaksanakan mulai tanggal 28 April s/d 5 Mei 2021. Sebanyak 100 paket takjil disiapkan setiap harinya.

“Guna memberikan kenyamanan bagi para penumpang KA yang sedang menunaikan ibadah puasa, pihak PT KAI Daop 3 Cirebon menyelenggarakan kegiatan pembagian 100 paket takjil di Stasiun Cirebon Prujakan selama 8 hari, mulai tanggal 28 April s/d 5 Mei 2021,” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rabu (28/4/21).

Pemberian paket takjil gratis berupa Roti, Kurma dan Air mineral ini mendapatkan antusias positif dari para penumpang KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Jakarta yang sedang menunggu kedatangan kereta apinya di Stasiun Cirebon Prujakan.

“Kami menyambut baik terkait kegiatan pembagian takjil gratis ini. Lumayan buat buka puasa, jadi para penumpang ngak perlu repot – repot mencari makanan dan minuman,” Ujar Toni warga Sumber – Cirebon, salah satu penumpang KA Tegal Ekpres.

Selain dalam menyemarakkan Bulan Ramadhan, program pembagian takjil gratis ini, juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api, sekaligus sarana kampanye agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan, agar rantai penyebaran Covid-19 dapat diputuskan.

Guna mendukung program pemerintah yang tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang “Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H, PT KAI Daop 3 Cirebon menerapkan aturan perubahan masa berlaku surat bebas Covid-19 yang harus dipatuhi oleh calon penumpang KA.

Terdapat perubahan masa berlaku *hasil negatif tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen untuk naik KA Jarak Jauh dari sebelumnya maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1×24 jam.* Aturan tersebut berlaku untuk pelanggan KA Jarak Jauh keberangkatan periode 24 April s.d 5 Mei 2021 dan 18 Mei s.d 24 Mei 2021. Adapun untuk hasil negatif dari pemeriksaan GeNose C19 masa berlaku tetap 1×24 Jam.

Dengan adanya program pemberian takjil tersebut, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa tidak perlu repot lagi menyiapkan bekal karena kebutuhan untuk berbuka telah disediakan oleh PT KAI. Sehingga diharapkan dengan kemudahan ini, bisa menambah kekhusuan bagi umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa. (Kris)