Kadis LH Siap Laksanakan Program 100 Hari Aziz -Eti

0
246
KOTA CIREBON.- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si, mengatakan jika dinas yang digawanginya siap untuk melaksanakan program 100 hari bersih, hijau dan bersih yang telah dicanangkan walikota dan wakil walikota Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Abdullah Syukur usai mengikuti pengarahan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon pada saat Briefing Staf di Lingkungan Pemda Kota Cirebon, Senin (17/12).
“Sebenarnya kemarin, pasca pelantikan kita juga sudah mulai running. Kami akan terlebih dahulu memprioritaskan kebersihan ruas jalan protol dan sejumlah jalan-jalan kecil yang berdekatan dengan jalan protokol,” Kata Syukur.
Saat disinggung Taman Tematik, menurut Ia, sekarang sudah ada 17 perusahaan yang bersedia untuk mengelola taman tematik tersebut. Dan direncanakan pada setiap taman ada unsur “Sehati” sebagai visi dan misi Aziz-Eti 5 tahun kedepan.
“Nanti perusahaan tersebut akan kita undang bersama dengan Pak Walikota. Rencananya akan dibuatkan surat keputusan untuk mereka mengelola taman-taman tematik tersebut,” ungkap Syukur.
Sedangkan untuk permasalahan sampah, Syukur menjelaskan, jika ada 3 model yang akan mereka lakukan untuk permasalahan sampah. Yaitu adanya TPS terpilah di Krucuk, TPS mobile sebagai pengganti TPS Kesambi yang rencananya akan ditutup, serta program recycle sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
“Sampah yang sudah berumur 10 tahun, sudah pasif akan kita ambil lalu kita ayak, nantinya residu sampah yang sudah lapuk akan dijadikan briket untuk bahan bakar,” jelasnya.
Selain itu sampah yang sudah berusia lama bisa pula dikasih enzim tertentu, lalu didiamkan selama tujuh hari kemudian dibakar dan difermentasi menajdi gas.
“Gas itu bisa langsung diarahkan ke generator untuk menjadi penerangan,” kata Syukur. Dengan metode ini menurutnya sudah dilihat dan dilakukan di Bandung dan ia pun berkeinginan untuk dilakukan di Kota Cirebon.  (Kris)