Kadis LH : Anggaran Pengelolaan Sampah Capai 3,9 Milyar

0
206
KOTA CIREBON.- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si mengatakan anggaran pengelolaan sampah di Kota Cirebon pada tahun 2019 secara keseluruhan mencapai 3,9 milyar.

Hal tersebut dikatakan Syukur usai mengikuti kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional yang bertajuk Coastal Clean Up yang dipusatkan di Pelabuhan Cirebon, Jum’at (15/2).
“Anggaran tersebut terbagi dua, 2,5 milyar untuk BBM dan operasional dan 1,4 milyar untuk pemeliharaan, jadi total 3,9 milyar khusus sampah,” ujarnya.
Tak hanya itu, dirinya menyebutkan ada anggaran lainnya untuk mendukung pengelolaan sampah di Kota Cirebon, diantaranya untuk pengadaan Dump Truck, mesin ayakan dan mesin briklet sampah.
Syukur menambahkan, jika target Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi sampah pada tahun lalu sebesar 2,5 milyar, sedangkan untuk tahun ini ditargetkan menjadi 3 milyar, mudah-mudahan ini bisa tercapai.
“Retribusi ada dua, pertama dititipkan di PDAM dan MoU dengan pihak swasta,” jelasnya.
Untuk itu dirinya meminta agar pengelolaan sampah terus dilakukan secara bersama sama dari berbagai pihak termasuk masyarakat Kota Cirebon.
“Kebersihan Kota menjadi tanggung jawab bersama” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?