Inapos.com Pangkalpinang – Keadaan Pelabuhan Pangkalbalam khususnya pada dermaga turun naik penumpang penuh dengan lumpur menjadi keresahan penumpang hendak turun dan naik dari kapal, belum lagi pada kade dermaga tambatan diangap tersanggu saat proses olah gerak kapal. Pelabuhan pangkalbalam pada kade 01 merupakan penepatan bagi kapal penumpang.

Pantauan media genangan air diatas permukaan tanah berlapiskan ponblok juga terdapat banyak tanah pada area dermaga yang tidak lagi rata hingga banyak berlubang menjadikan tampungan air disekitaran area dermaga, belum lagi pada kade dermaga terdapat kehancuran hingga menyisakan besi kerangka terurai, berimbas pada kapal express bahari 3E saat proses tambat tidak sandar full dermaga.

Menurut keterangan nakhoda Express Bahari 3E Dedek kepada media, rusaknya pada bagian kade dan beceknya dermaga pelabuhan Pangkalbalm sudah lama terjadi dan bukan saat ini saja, tapi bagaimana lagi hanya ini fasilitas dari pelabuhan tidak seperti pelabuhan awal ( tanjung Pandan )

Harapan kami adanya upaya dari operator pelabuhan untuk segera adanya pembenahan di dermaga yang sehingga adanya fasilitas pelabuhan yang memadai bagi kenyamanan kita bersama. 13/6/2022

Terpisah menurut keterangan didapat dari berbagai sumber pada areal dermaga penumpang pangkalbalam terhadap berbagai kerusakan yang terjadi, menurutnya adalah akibat keluar masuknya alat berat yang hendak dikirim melalui kapal roro, bukan hanya alat beratnya saja yang dikirim tapi alat berat yang penuh dengan bawaan lumpur juga ikut hingga banyak berceceran di area dermaga.

Tidak hanya itu kalau kita buka bukaan kade dermaga yang saat ini banyak yang rusak juga itu karena gesekan pada saat proses sandar kapal Roro saat sandar dan bentangan pintu romdor di lantai dermaga hingga bergesek antara besi kapal dengan beton dermaga, coba nanti sering sering perhatikan pada saat kapal roro sandar dan bongkar muat didermaga ujarnya kepada media . (Red)