Kabid Perumahan Malut Dorong ASN Wujudkan Rumah Bersubsidi Tingkatkan Kedisiplinan Kerja

0
231

TERNATE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Provinsi Maluku Utara melalui direktorat jenderal pembiayaan perumahan satuan kerja dekonsentrasi sub bidang pembiayaan perumahan Malut telah melakukan rapat kordinasi III evaluasi hasil Projects pendataan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digelar di Royal Resto pada Selasa (13/11/2018).

 

Rapat kordinasi tersebut dihadiri dua pengembang yakni dari PT Pandawa Lima dan PT Bangun Bersama Negeri (Babari) yang telah bersedia menyediakan lahan dan membangun perumahan bersubsidi untuk ASN yang di Provinsi Malut untuk bermukim di Kota Sofifi.

Dede Sumarna Kepala bidang perumahan Malut usai kegiatan kepada wartawan mengatakan rapat koordinasi dilakukan dengan maksud dan tujuan mendorong ASN yang ada di Malut untuk ikut serta dalam mewujudkan rumah bersubsidi untuk meningkatkan produktivitas kedisiplinan kerja serta kualitas pelayanan yang ada di Kota Sofifi.

“Jumlah ASN yang ada di Provinsi Malut sebanyak 7 ribu ASN dan setelah diidentifikasi, dari 7 ribu ASN terdapat 3 ribu lebih ASN yang beraktifitas di Sofifi. Maka melalui pertemuan ini mau tidak penyediaan perumahan bersubsidi harus dibangun di kota Sofifi agar meningkat produktivitas kedisiplinan kualitas pelayanan dan kepuasan kepuasan kerja, “Katanya.

Menurutnya, program satu juta rumah sebagai visi misi gubernur Provinsi Malut Abdul Gani Kasuba (AGK), maka kini hadir dua pengembang yakni PT. Pandawa Lima dan PT. Babari yang akan menyiapkan perumahan bersubsidi untuk para ASN yang mempunyai wilayah kerja di Kota Sofifi.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 6 ratus unit perumahan yang akan dibangun dan sebagai perangsang untuk dinas lain sebab ada 42 SKPD yang ada di lingkup Provinsi Malut sehingga dengan melalui program ini bisa mewujudkan Kota Sofifi yang ramai dengan peningkatan pelayanan yang baik.

Kata dia, program ini skemanya bukan rumah dinas tapi ini adalah rumah hak milik KPR bersubsidi yang termasuk didalamnya ada program FLPP, SSB (Selisih suku bunga) PSMP. Dan ini adalah program pemerintah jadi biaya uang muka itu disubsidi semua pemerintah sebesar 4 juta dengan tenor atau lamanya cicilan itu 5 ,10 sampai 15 tahun dan besaran cicilan itu sebesar Rp 9 ratus ribu per bulan yang didukung dengan pola pembiayaan tunjangan penghasilan atau TTP.

Lanjut dia, Mimpi besar kita adalah bisa menyamakan Sofifi seperti kota Ternate maka dari itu semuanya harus bersinergi baik itu dibidang pendidikan kesehatan serta perumahan sebagai pelayanan dasar membangun Kota Sofifi.

Sementara itu, Kepala Disperkim Provinsi Maluku Utara Santrani Ms Abusama mengatakan, Rapat kordinasi II bussines gathering Sistem pembiayaan tahun 2018 bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada daerah melalui beberapa rangkaian dalam rangka peningkatan keterjangkauan MBR terhadap pembiayan perumahan diantaranya pembinaan pendanaan dan sistem pembiyaan perumahan serta penerapan bembiayaan. Dan sistem pembiyaan perumahan melalui sosialisasi kebijakan dan program nasional bidang perumahan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten Kota.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kordinasi antar pemangku kepentingan dalam penanganan isu dam masalah pembiyaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” katanya. (Min)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here