BerandaDaerahJurnalis inapos.com Nyaleg DPRD Kota Sukabumi

Jurnalis inapos.com Nyaleg DPRD Kota Sukabumi

[et_pb_section admin_label=”section”]
[et_pb_row admin_label=”row”]
[et_pb_column type=”4_4″]
[et_pb_text admin_label=”Text”]
KOTA SUKABUMI – Mengukur peluang para Jurnalis yang ikur terjun ke politik dengan mencalonkan langsung sebagai Anggota DPRD Kota atau Kabupaten Sukabumi dinilai sangat berpeluang untuk lolos dan duduk sebagai pejabat politik di parlemen.

Hal ini dikatakan salah seorang Pengamat Politik, Hendri Kusnandi, menurutnya peluang rekan-rekan jurnalis yang ikut dalam kontelasi tahun politik 2019 mendatang diyakini sangat berpeluang untuk lolos menjadi Anggota DPRD.

“Rekan rekan jurnalis merupakan bagian dari kontrol sosial masyarakat, mereka setidaknya telah memahami pengadministrasian pemerintahan juga memahami kondisi sosial masyarakat secara langsung, bukan tidak mungkin pengetahuan rekan rekan jurnalis tersebut akan sangat mudah ketika mereka merumuskan suatu perencanaan kemudian berkembang menjadi kebijakan pemerintah,” katanya.

Selain itu, jika dilihat dari sisi komunikasi yang dibangun dan dilakukan oleh para jurnalis dilapangan dinilai cukup baik jika dibandingkan dengan mereka para politisi, akademisi, profesional atau pengusaha yang juga ikut dalam pencalegan tahun 2019. “Gaya komunikasi kalangan jurnalis yang terjun ke politik lebih luwes elagan dan cantik jika dibandingkan dengan gaya komunikasi para caleg yang berlatar belakang diluar jurnalis, ini yang kemudian menjadi modal awal para jurnalis dalam melangsungkan kepentingan politiknya di lapangan,” ujar mantan Sekretaris DPD Golkar Kota Sukabumi tersebut.

Terpisah, menurut Ketua Sukabumi Jurnalis Forum (SJF) Fitriansyah Nahrowi mengutarakan hal yang sama bahwa peluang rekan rekan jurnlis itu sangat mungkin lolos untuk bisa duduk di kursi DPRD Kota maupun Kabupaten Sukabumi. “Saat ini menurut kami bagaimana kemudian rekan rekan jurnalis dapat memanfaatkan momen ini dengan baik dan maksimal, pasalnya setidaknya mereka sudah tidak asing lagi ketika berkomunikasi atau berstrategi,” ungkap kontributor TVRI tersebut.

Hanya saja, saran dari SJF kertika rekan rekan jurnalis terpilih dan dilantik menjadi Anggota Dewan status jurnalis yang melakat pada diri mereka sebaiknya melepaskan fropesi jurnalis. “Agar menjaga netralitas, sebaiknya pensiun saja dulu deri profesi jurnalis, sehingga bisa pokus ngurus rakyat dan menjalankan tugasnya sebagai legislator, seperti halnya yang sudah dilakukan dan dialami oleh mantan jurnalis terdahalu yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan 2014-2019, yakni Faisal dan Roja” paparnya.

Sementara itu, Eko Arif Yanto salah seorang jurnalis di Kota Sukabumi mengapresiasi atas adanya pernyataan baik dari pengamat politik maupun dari sesama rekan jurnalis yang telah memberikan sumbang saran pemikiran terhadap sejumlah jurnalis yang ikut bertarung dalam kancah politik 2019 yang akan datang. “Kami atas nama reka rekan jurnalis yang ikut terjun langsung dalam pemilihan Calon Anggota Legislatif sangat berterima kasih atas dukungan dari rekan rekan satu profesi, mudah mudahan kami dapat mewakili kaum jurnalis untuk masuk kedalam sistem parlemen,” pungkas jurnalis inapos.com tersebut.

sekedar informasi, sebanyak kurang lebih 10 jurnalis ikut bertarung untuk merebutkan 35 kursi DPRD Kota Sukabumi yakni, Eko Arif Yanto Jurnalis inapos.com maju dari Partai PSI dengan nomor urut 1, Syarif Hidayat Jurnalis salah satu media cetak mingguan maju dari Partai Hanura nomor urut 2, Edi S Paul Jurnalis media cetak mingguan maju dari Partai PDIP nomor urut 4, Asep Budi Kurniawan Jurnalis media cetak mingguan maju dari Partai PDIP nomor urut 8, Budi Hilman Jurnalis media cetak mingguan maju dari Partai PPP nomor urut 6, Budi Darmawan Jurnalia Masagi Online maju dari Partai PPP nomor urut 4, dan terakhir Subhan Jawawi dan Randi dari Partai PKB mereka merupakan Jurnalis Radar Sukabumi.

Untuk DPRD Kabupaten, Perly Rijal dari Partai Gerindra, Usman Abdul Faqih dari PKB, dan Dasep Suryana dari Partai Nasdem mereka adalah Jurnalis Radar Sukabumi. “Kesebelas jurnalis tersebut saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi dan berstrategi guna memenangkan kursi di DPRD Kota dan Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.(Red)
[/et_pb_text]
[/et_pb_column]
[/et_pb_row]
[/et_pb_section]

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments